Waspada Montir Nakal! Hindari dengan Cara Ini!

Pada dasarnya setiap kendaraan baik itu mobil maupun motor membutuhkan servis secara berkala. Servis ini dilakukan demi bisa memantau kondisi kendaraan setiap waktu karena kendaraan terdiri atas berbagai komponen dan spare part yang memiliki masa pakai masing-masing. Untuk pengecekan sendiri, ada yang bisa melakukannya sendiri dan lebih banyak yang menyerahkannya kepada bengkel yang menyediakan montir. Dengan menyerahkan di tangan ahlinya, diharapkan kendaraan pun bisa memiliki performa yang baik dan maksimal.

Namun banyak juga pengalaman dari pemilik kendaraan dimana setelah dilakukan servis justru kendaraannya menjadi kurang nyaman dipakai dan bahkan menjadi tidak karuan. Walhasil setelah beberapa hari pulang dari bengkel, kendaraan kembali masuk ke bengkel untuk diperbaiki lagi. Lalu apa masalahnya? Ternyata hal ini bisa jadi adalah ulah dari oknum montir yang kerap melakukan kecurangan. Umumnya para korban adalah kaum hawa yang cenderung kurang mengetahui permasalahan mesin sehingga kerap diakali.

Tentunya Anda tidak mau ini terjadi bukan? Oleh karena itu ada baiknya jika Anda waspada dan menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Bekali diri dengan sedikit pengetahuan akan kendaraan

Ada baiknya jika Anda memiliki setidaknya sedikit bekal untuk memahami masalah pada kendaraan Anda. Meski Anda kurang tahu bagaimana cara memperbaikinya, namun setidaknya jika ada permasalahan di satu komponen, maka hanya komponen itu saja yang butuh dibenarkan. Jika mekanik menyarankan untuk membetulkan atau bahkan mengganti komponen lainnya, maka Anda bisa menolak.

  • Lihat proses perbaikan

Beberapa orang kerap mempercayakan sepenuhnya proses perbaikan ke para mekanik. Hal ini memang bagus, namun ada baiknya untuk melihat proses servis yang dilakukan mekanik tersebut sehingga mekanik merasa diawasi dan hanya bisa berkutat pada bagian yang memang butuh diperbaiki. Waspadalah, karena banyak juga mekanik yang kerap mengganti spare part original Anda yang masih berkondisi bagus dengan spare part abal-abal.

Baca Juga: Tips Memilih Montir yang Handal untuk Perbaiki Kendaraan Anda

  • Bawa teman yang mengerti mesin

Ada baiknya juga jika Anda membawa teman yang lebih paham akan mesin sehingga aksi mekanik nakal dapat dicegah. Dengan adanya teman tersebut, maka Ia bisa mengarahkan mana saja yang butuh diperbaiki atau diganti.

  • Cek reputasi bengkel

Ada baiknya jika Anda melakukan cek pada reputasi bengkel tersebut ke pelanggan yang pernah memperbaiki kendaraannya di bengkel tersebut. Dengan begitu, Anda bisa sedikit mendapatkan pencerahan terkait kualitas bengkelnya.

  • Ajukan komplain

Bagi Anda yang servis di bengkel resmi, jangan sungkan untuk ajukan komplain ke pihak pusat terkait keluhan terhadap kinerja mekanik di sana.

Itulah beberapa tips dalam mengatasi montir yang kerapkali nakal dan mencoba mencari keuntungan. Untuk itu, tetap waspada meski Anda melakukan servis di bengkel resmi karena segala kemungkinan bisa terjadi.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Waspada Montir Nakal! Hindari dengan Cara Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*