Ulasan Seputar Cara Memilih dan Jenis Busi Motor

Ulasan Seputar Cara Memilih dan Jenis Busi Motor

Busi merupakan salah satu sparepart mesin yang terletak pada bagian dalam untuk pembakaran dengan ujung elektroda pada ruang bakar. Fungsi busi utamanya untuk membuat percikan elektronik saat membakar mesin sebagai proses pembakar bahan bakar. Adanya busi ini juga dapat dijadikan sebagai pendiagnosa kondisi pembakaran bahan bakar dalam mesin. Busi terdiri dari beberapa bagian seperti terminal untuk menghubungkan busi dan koil, insulator untuk menyangga inti elektroda, ribs untuk menambah kemampuan isolator, insulator tip dan seal. Banyaknya busi yang beredar membuat pengendara perlu memahami cara memilih busi dan jenis busi motor.

 Ulasan Seputar Cara Memilih dan Jenis Busi Motor

Saat ini banyak sekali jenis busi motor dengan berbagai keunggulannya dan spesifikasinya, namun sebagai pengendara perlu membekali diri dengan informasi terkait cara memilih busi yang benar. Busi merupakan bagian yang penting untuk motor, sehingga memilih busi dengan kualitas terbaik adalah sangat dianjurkan untuk performa mesin terbaik. berikut adalah cara memilihnya: 

  • Faktor kapasitas silinder, mengetahui kapasitas silinder motor dalam CC, jika kapasitasnya 180cc maka disarankan menggunakan busi tipe dingin karena apabila menggunakan busi tipe panas maka akan memunculkan gejala pre-ignition dan overheating. Jika dibawah 180cc dapat menggunakan busi tipe panas.
  • Faktor lingkungan, jika tempat tinggal pengendara terletak pada dataran tinggi maka sebaiknya menggunakan busi tipe panas hal ini untuk mengurangi tumpukan carbon pada ruang bakar jika menggunakan busi tipe dingin pada motor.
  • Faktor perbandingan kompresi, jika motor memiliki perbandingan kompresi lebih dari 10,5 maka disarankan untuk menggunakan busi tipe dingin dan jika dibawah 10,5 maka menggunakan busi tipe panas.

Beberapa cara memilih busi diatas sangat perlu untuk menentukan busi motor terbaik untuk terus memberikan performa terbaik untuk motor. Sebagai pengguna motor juga disarankan untuk mengetahui perbedaan busi tipe dingin dan panas dan juga beberapa jenis busi yang biasa digunakan. Hal ini untuk melihat kecocokan busi yang tepat motor. 

Berikut adalah beberapa jenis busi untuk motor diantaranya:

  • Busi standar memiliki diameter center elektroda 2,5 mm dengan jarak tempuh 20 ribu Km.
  • Busi platinum terbuat dari nikel dan center elektroda dari platinum dengan diameter 06,mm hingga 0,8mm dan jarak tempuh 30 ribu Km.
  • Busi iridium dengan diameter center elektroda 0,6mm hingga 0,8mm pada jarak tempuh 50 ribu hingga 70 ribu Km.

 Simak juga tips untuk perawatan busi motor anda. Baca selengkapnya di autolapak.com

Selain diatas ada juga busi racing dengan diameter center elektroda keil meruncing seperti jarum dan memiliki jarak tempuh yang pendek dengan 20 ribu hingga 30 ribu Km. Ada juga busi resistor untuk melindungi perangkat elektronik digital pada motor terhadap gelombang radio dan lainnya. Sudah saatnya mengenali cara memilih busi dan jenis busi motor untuk motor dengan performa terbaik.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Ulasan Seputar Cara Memilih dan Jenis Busi Motor"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*