Trik Otomotif Mengatasi Dinamo Mobil Bermasalah

Bagian terpenting mobil yang harus diperhatikan adalah dynamo. Bagian mobil ini bisa dikatakan sebagai bagian mesin yang merubah energi kinetic mejadi energi listrik. Namun seperti komponen lainnya, dynamo tidak lepas dari masalah yang dapat mempengaruhi kinerja mesin. Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi trik otomotif bagaimana mengatasi dynamo mobil yang mengalami masalah.

Dinamo mobil memiliki beberapa komponen yang memiliki fungsinya masing-masing, seperti ampere dan starter. Berikut penjelasan trik otomotif seputar komponen dynamo pada mobil:

Bagian Ampere

Ampere merupakan bagian dynamo yang kadang mengalami kerusakan akibat usia yang terlalu tua atau aus. Apalagi jika karbon brush sudah habis. Biasanya masalah tersebut terjadi jika mobil sudah menempuh jarak hingga 180 ribu kilometer. Jika mengalami kerusakan ada beberapa bagian yang bisa diperbaiki ada juga yang tidak dapat diperbaiki.

Contohnya pada crush brush, laher, rotor slip ring dan dioda erctifier merupakan bagian yang dapat diperbaiki. Sedangkan bagian yang tidak bisa diperbaiki adalah IC regulator. Apabila IC regulator mengalami kerusakan solusinya adalah mengganti dengan yang baru dengan spesifikasi dan ukuran yang sama.

Bagian Starter

Bagian starter merupakan komponen yang fungsinya menjadi penggerak utama yang menyalakan mobil sehingga memiliki kemampuan mendorong mesin dan mampu mengalirkan energi listrik ke bagian mesin lainnya. Komponen ini dapat mengalami kerusakan, terutama pada bagian gear. Jika terjadi, maka mobil tidak bisa menyala. Itu sebabnya penting sekali mengetahui bagian/ komponen starter yang penting, yaitu:

  • Carbon brus, fungsinya untuk meneruskan arus listrik dari field coil ke armature coil yang kemudian diteruskan ke massa melalui komutotor.
  • Polo core, fungsinya untuk menopang field coil dan penguat medan mangnet yang disebabkan oleh field coil.
  • Toke merupakan komponen pada starter yang memiliki peran sebagai tempat pore core.
  • Armature brakle, fungsinya untuk merubah energi listrik menjadi energi mekanik dengan cara gerak putar.
  • Sift level atau drive merupakan komponen starter yang fungsinya mendorong pinion gear ke posisi ring gear.
  • Magnetic switch atau solenoid merupakan komponen yang fungsinya menghubungkan atau melepaskan pinion gear dan menghubungkan arus listrik dari aki ke field coil, armature dan ground.
  • Pinion gear, fungsinya berperan meneruskan daya putar pada starter ke mesin dengan cara memutar ring gear.

Langkah tepat untuk mencegah dynamo bermasalah adalah dengan cara memasang kabel aki dengan tepat, menghindari kabel B+ yang terhubung langsung dengan bodi, melakukan pemeriksaan secara rutin dan berkala, tidak menggunakan dynamo untuk mengecas aki yang soak.

Itulah beberapa trik otomotif yang berhubungan dengan dynamo mobil. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Trik Otomotif Mengatasi Dinamo Mobil Bermasalah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*