Trik Otomotif Memperbaiki Busi Motor

Busi adalah salah satu masalah yang paling rentan menyerang sepeda motor. Sebagian besar penyebab sepeda motor mogok atau tak mau menyala adalah busi. Biasanya, inilah yang menjadi kendala bagi sepeda motor. Namun, ternyata, hal ini juga sering terjadi pada mobil. Hal ini rentan terjadi karena busi merupakan salah satu perangkat pada mesin yang memiliki fungsi paling subtansial. Busi berfungsi sebagai pemantik tenaga pada mesin. Seperti halnya korek api. Busi mampu memancing energi dari mesin untuk terjadi proses mekanik. Maka tak heran jika busi seringkali terjangkit masalah. Karena, busi yang terlalu berat kerjanya, sehingga mudah sekali mengalami aus. Namun, kini anda tak perlu khawatir karena busi yang ngadat bisa disiasati dengan beberapa trik otomotif. Berikut ini adalah trik otomotif untuk memperbaiki busi motor.

  • Membersihkan busi dengan amplas

Pertama-tama yang bisa anda lakukan tentu saja ialah membersihkan busi yang ngadat itu. Barangkali ada beberapa kotoran dari debu atau oli yang menghambat kerja busi. Anda bisa melepaskan kabel busi secara hati-hati dan melepas busi tersebut. Amplaslah secara hati-hati. Ingat, jangan dicuci dengan air karena akan rentan terjadi konsretling. Bersihkanlah dengan menyeluruh. Jika merasa sudah bersih, cobalah untuk memasangnya lagi. Kemudian, mulailah menyalakan mesin anda. Bila cara ini tidak bekerja dengan baik, maka anda bisa mencoba cara selanjutnya.

  • Pecahkan keramik pada bagian pemantik

Cara selanjutnya merupakan cara yang cukup kasar. Namun, biasanya justru cara ini yang bekerja dan berhasil dengan baik. Anda cukup bermodalkan sebatang tang saja. Copot busi dari kabel busi. Kemudian, pecahkan keramik pada bagian pemantik dengan mencapitnya dengan tang. Lantas, bersihkanlah sisa keramik tersebut. Jangan sampai ada yang tersisa karena, bila tersisa justru mengganggu proses pembakaran. Cara ini memang terkesan serampangan namun justru cara ini yang bisa bekerja. Untuk lebih jelasnya anda bisa mencoba trik otomotif ini melalui video tutorial youtube.

Baca juga:  Ini Dia Trik Otomotif Paling Baru Dari kami Untuk Anda!

  • Membakar bagian elektroda

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi pada busi ngadat adalah faktor korsleting. Biasanya, busi yang terkena air akan mudah sekali ngadat. Maka tak heran bila anda melewati sebuah kawasan yang tergenang banjir, motor anda akan mogok. Ini disebakan karena busi tidak bisa memantik proses pembakaran. Untuk itu, cara untuk mengatasi masalah ini adalah mengeringkan elektroda pada pemantik busi tersebut. Bisa diatasi dengan solusi membakarnya untuk beberapa saat, sampai mengering. Kemudian, cobalah untuk memasangnya kembali pada motor.

Berikut tadi adalah trik otomotif yang bisa anda coba pada busi ngadat. Trik otomotif tersebut cukup simple untuk dilakukan. Sejenis pertolongan pertama untuk sebuah motor yang sedang mogok. Untuk itu, anda tak perlu terburu-buru membawanya ke bengkel.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Trik Otomotif Memperbaiki Busi Motor"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*