Trik otomotif Melepas dan Melepas Laher

Sepedda motor adalah salah satu jenis kendaraan dengan intensitas kinerja tinggi. Karena, hampir seluruh masyarakat Indonesia menggunakan sepeda motor. Maka jangan heran jika motor anda sering diserang penyakit. Dan penyakitnya hanya berkisar di situ situ saja. Busi bermasalah, aki ngadat, mesin mogok, rantai putus, lampu mati, dan yang tak kalah sering adalah laher habis atau aus. Inilah yang paling sering. Maka tak jarang, anda dipaksa untuk mengganti laher setiap 6 bulan sekali. Tergantung intensitas penggunaan motor anda. Namun, ada kesulitan khusus ketika seorang ahli mekanik melepas laher dari roda. Masalah ini kian jadi runyam ketika laher itu sudah rusak dan berkarat. Maka, ada trik otomotif khusus untuk melepas laher dan memasangnya dengan yang baru. Berikut trik otomotif mudah untuk melepas dan memasang laher kembali.

  • Buka dengan Kunci T atau Palu

Cara termudah membuka laher ialah dengan cara membukanya memakai palu atau kunci T. Trik otomotif ini sebenarnya sangat sederhana. Namun, jarang ada orang yang tahu. Sehingga banyak orang yang untuk membuka laher saja mesti pergi ke bengkel. Trik otomotif ini mudah dan sederhana, namun tak boleh dilakukan serampangan. Anda tak boleh asal ketok bagian mana saja. Pertama-tama ketoklah bagian bearing. Kemudian, lepaskan bola bola kecil atau pelor beserta cicin ring laher pada roda anda. Setelah berhasil, masukan kembali pelor tadi 4 atau 5 buah pada lintasan cicin laher tersebut. Pisahkan tiap pelor dengan jarak yang sama.

  • Melepas laher yang rusak dan berkarat

Trik otomotif selanjutnya adalah melepas laher ketika laher itu sudah berkarat dan rusak. Tentu bagian ini susah sekali karena, biasanya laher yang sudah melekat pada bagian roda,, Dan ini sulit sekali untuk dilepas. Maka, trik otomotif yang harus dilakukan adalah dengan melumuri bagian laher memakai gemuk. Lumasi semua bagiannya, jangan sampai ada yang terlewat. Jika sudah, ketok bagian laher secara pelan dan hati-hati. Lepas semua pelor beserta cincinnya.

Baca Juga: Trik Otomotif Memperbaiki Busi Motor

  • Memasang Kembali Laher

Cara memasang laher jauh lebih mudah. Pasanglah laher dengan mendahulukan bagian bearing. Namun, sebelum proses pemasangan, ada baiknya untuk melumasinya lagi dengan gemuk atau pelumas. Namun jika tak ada, anda juga bisa memakai oli bekas. Pasangkanlah dengan hati-hati.

Berikut tadi adalah beberapa trik otomotif untuk melepas dan memasang laher. Kini, anda tak perlu direpotkan lagi ketika ingin mengganti laher roda motor anda. Namun, sebaiknya jika anda tak mau direpotkan dengan trik otomotif yang cukup tricky ini, anda juga bisa merawat laher motor anda. Caranya adalah dengan rutin melumurinya dengan pelumas. Ini menjaga laher anda tetap awet dan bebas dari karat.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Trik otomotif Melepas dan Melepas Laher"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*