Trik Cerdas untuk Mencegah Kebocoran Ban Motor Anda

Bagi seorang rider tentu sangat penting memperhatikan kualitas ban motor yang digunakan kemudian mau merawatnya dengan maksimal. Ban pada motor kesayangan apabila sudah berkualitas serta terawat maka dijamin akan awet selain itu bisa meningkatkan keamanan. Ban yang terawat baik mencegah terjadinya resiko tergelincir di jalanan licin, mudah bocor, dan lain sebagainya. Maka selain berinvestasi membeli ban khusus motor yang mahal dari merek terkenal baiknya juga ditunjang dengan perawatan yang tepat supaya pengalaman berkendara semakin maksimal.

Trik Mencegah Ban Mudah Bocor

Salah satu resiko yang sering membuat pengguna sepeda motor sebal adalah ban yang tiba-tiba bocor, masih untung jika lokasi tambal ban dekat. Bagaimana kalau lumayan jauh dan membawa motor bongsor pula? Tentu sangat tersiksa, maka dari itu simak beberapa trik ini supaya kebocoran ban bisa dicegah:

  • Pastikan tekanan angin sudah tepat,

Memaksakan penggunaan ban yang kurang angin tentu akan meninggalkan bekas lipatan pada ban sehingga perlahan menipis dan menimbulkan kebocoran. Daripada merusak ban baiknya sebelum berangkat usahakan cek angin ban dulu dan pastikan sudah tepat sehingga tidak mudah bocor atau rusak.

  • Kesesuaian antara ban luar dan juga dalam,

Sesuai dengan standar ban motor dari pabrikan motor umumnya lebar ban antara roda depan dan belakang lebih besar belakang demi menciptakan keseimbangan saat dikendarai. Ban dalam dan juga ban luar pun memiliki ukuran berbeda dimana ban dalam tentu lebih kecil ketimbang yang luar. Saat Anda mengganti ban kendaraan dengan yang baru pastikan ukuran sesuai standar tetap dipakai. Kalau ban dalam lebih besar maka resiko mudah terlipat dan bocor akan semakin tinggi.

  • Lapisi ban dalam dengan ban dalam lainnya,

Beberapa orang secara kreatif mengakali tingginya resiko ban bocor dengan memberikan lapisan pada ban dalam. Biasanya dengan cara melapisi ban dalam dengan ban dalam lain yang sudah rusak kemudian dibelah. Ban ini kemudian dipakai menyelimuti ban dalam sehingga memiliki dua lapisan yang semakin tebal. Saat ada gesekan atau lainnya yang memicu ban bocor maka akan menggores lapisan luar tersebut, kalau tidak parah maka ban bocor tidak akan terjadi.

  • Rutin mengganti ban baik dalam maupun luar,

Ban memang menjadi salah satu komponen pada kendaraan baik motor maupun mobil yang juga memiliki batas umur pemakaian. Kerap kali dengan perawatan baik sekalipun kerusakan tidak bisa dihindari karena memang masa pakainya sudah lama. Alangkah baiknya rutin mengecek kondisi ban baik yang di luar maupun di dalam. Guna memastikan kapan periode penggantian akan dilakukan, sebab dengan ban motor yang diganti berkala otomatis resiko kebocoran pun akan semakin kecil.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Trik Cerdas untuk Mencegah Kebocoran Ban Motor Anda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*