Tips Rawat Knalpot Motor yang Orisinil Agar Bisa Tetap Awet

Kendaraan memang sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan, salah satunya adalah motor. Motor memang kendaraan yang amat banyak digunakan oleh masyarakat secara umum. Hal ini lantaran motor memang kendaraan yang cukup terjangkau dari segi harga sehingga kalangan masyarakat manapun bisa memiliki motor. Namun jangan lupa perawatan motor sehingga Anda bisa mendapatkan performa motor yang maksimal. Salah satu bagiannya adalah knalpot motor.

 

Knalpot adalah komponen yang bisa dibilang cukup penting di setiap kendaraan. Knalpot ini tugasnya adalah untuk memproses kembali untuk hasil pembakaran dari bahan bakar serta oksigen yang ada di ruang pembakaran sehingga bisa dipakai untuk tenaga tambahan. Jika knalpot tidak bisa berfungsi, maka hasil dari proses pemanfaatan hasil dari mesinnya tentu akan kurang optimal. Jika demikian, maka bahan bakar akan kian boros dan tenaga dari motor pun akan kurang maksimal.

 

Berikut ini beberapa tips dan rawat knalpot yang perlu Anda ketahui:

 

  • Untuk yang pertama adalah dengan selalu memanaskan mesin secukupnya terlebih dulu sebelum digunakan. Perawatan yang satu ini cukup sederhana, namun entah mengapa banyak sekali pengguna motor yang kerap malas melakukannya. Tapi jangan sampai kelamaan juga dalam hal memanaskannya.
  • Selanjutnya selalu bersihkan pada lubang buang di silencer dengan memberi oli secukupnya di lubang itu. Tak perlu terlalu sering, namun cukup dua bulan sekali saja. Dengan cara ini, maka akan bisa berguna dalam mencegah kebocoran ataupun pengeroposan di silencer sehingga tak akan hasilkan suara buruk atau tenaga loyo.
  • Apabila sudah ada korosi di knalpot motor, maka jangan tunda untuk membersihkan kotoran yang ada dengan sikat kuat dan bagus. Caranya pun mudah karena Anda cukup memanfaatkan deterjen lalu dioles ke knalpot berkarat atau kotor. Namun apabila memang kotoran sudah terlalu sulit, maka sikat besi juga bisa dipergunakan.
  • Apabila bagian di pipa knalpotnya sudah bersih, Anda bisa lakukan perawatan pembersihan dengan mengoles oli bersih cukup di bagian leher knalpot dengan merata. Selanjutnya cukup hidupkan mesin dua menit saja sehingga olinya menyerap dan leher knalpot pun bisa kian bersih.
  • Jika motor kehujanan, maka jangan lupa untuk segera mencucinya atau minimal pengeringan saja di bagian knalpotnya secara hati-hati.
  • Apabila ada percikan aspal masih baru di knalpot, maka cukup bersihkan dengan Pertamax. Selanjutnya Anda bisa oles dan gosok sedikit.

 

Itulah beberapa tips sederhana untuk merawat knalpot Anda. Mudah bukan? Pada dasarnya merawat knalpot motor tidaklah sulit, namun hanya butuh kedisiplinan saja dalam hal ini oleh para pemiliknya. Mengingat knalpot menjadi salah satu benda penting di dalam motor, maka Anda wajib selalu merawatnya dengan rutin.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Rawat Knalpot Motor yang Orisinil Agar Bisa Tetap Awet"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*