Tips Rawat Honda C70 yang Harus Anda Ketahui

Honda C70 merupakan salah satu motor yang dikeluarkan oleh Honda di tahun 1964 hingga 1982. C70 sendiri begitu banyak melakukan perubahan dengan berkala dari masa ke masa untuk bisa memaksimalkan bentuk serta performa dari C70 ini. untuk sekarang ini, C70 banyak gemari. Mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Salah satu daya tarik dari motor C70 ini ialah bentuk uniknya sehingga ada banyak orang yang ingin memilikinya, merawat atau bahkan mengoleksinya.

Pasaran motor ini dari tahun 2010 lalu begitu mahal. Hal tersebut dikarenakan C70 merupakan salah satu motor antik yang dibuat Jepang dan sudah tidak terhingga harganya untuk mereka yang hobi mengoleksi. Banyak ditemukan harga C70 malah mengalahi motor keluaran terbaru. Harga yang dimiliki C70 ini bisa dikatakan variatif bergantung dari kondisi motor serta tingkat keasliannya.

Ketika Anda sudah bisa membawa pulang Honda C70 ini, perawatan motor adalah hal utama yang harus Anda lakukan. Anda bisa melakukan perawatan di bagian oli mesin. Oli mesin adalah bagian yang sangat vital, oli mempunyai fungsi melumasi seluruh komponen mesin seperti sekher, stang, kruk as dan masih banyak lagi. Oleh karena itu jika keberadaan oli untuk pelumas telah berwarna hitam dan telah merasakan jika daya lumasnya telah berkurang, lebih baik segera mengganti oli dengan oli baru. Anda bisa melakukan penggantian secara periodik, bergantung dari waktu penggunaan atau kilometer jeda yang sudah ditempuh.

Selain oli, accu adalah bagian yang tidak boleh dilupakan. accu ini juga menjadi sebuah bagian yang penting. sebagai sebuah penyuplai listrik untuk kendaraan, jangan sampai membiarkan accu melewati batas maksimal atau batas maksimal karena hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan sel accu. Bila merasa accu sudah menurun daya, lebih baik lekas menggantinya dengan accu yang baru. Jika tetap dipaksakan akan menimbulkan korosi di kutub positif atau pun negatif yang sangat berbahaya bila korosi menyebar di bagian lain.

 Baca Juga:Tips Modifikasi Motor Honda C70 Klasik

Biasanya, ketika Honda C70 ini sudah dalam kondisi rusak, Anda harus segera melakukan pergantian komponen. Tetapi untuk menemukan spare part yang orisinil begitu sulit karena produsen yang berasal dari Jepang tidak memproduksinya, ada beberapa pilihan mesin yang pas untuk motor ini, seperti:

  • Honda Grand. Mesin grand telah memiliki 4 stroke kecepatan yang dapat membuat performa menjadi lebih bertenaga serta kencang untuk segi akselerasi,
  • Legenda 1 serta Legenda 2. Sekilas mesin dari motor ini mirip dengan Grand, tetapi mesin Legenda merupakan mesin yang disempurnakan pabrikan untuk memaksimalkan performa dari mesin yang sebelumnya,
  • Supra. Honda ini adalah mesin yang cocok, karena mesinnya tidak rewel serta sparepartnya melimpah ruah dimana pun.
Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Rawat Honda C70 yang Harus Anda Ketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*