Tips Perbaiki Karburator Rusak dengan Mudah dan Tepat

 

Seperti yang kita tahu bila karburator merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting untuk sebuah kendaraan. apalagi pada sepeda motor. Komponen yang satu ini adalah komponen paling vital diantara yang lainnya. oleh sebab itu kondisi dari komponen ini harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Jika komponen ini mengalami kerusakan atau settingan yang kurang tepat, bahkan berkerak, kecepatan dari sepeda motor bisa terganggu tentunya tidak bisa bekerja dengan maksimal.

 

Komponen ini sebenarnya mempunyai fungsi mengabutkan bahan bakar dengan udara, sesudah itu dialirkan ke ruang pembakaran. Masalah yang sering terjadi pada komponen ini ialah saat stationer mesin atau yang sering disebut sebagai rpm kurang stabil. Semisal ketika kendaraan dipanaskan dan di diamkan, secara tidak langsung mesin bisa mengeluarkan suara keras, mesinnya juga melemah. Lantas, adakah cara untuk menanganinya? Pertama, saat mesin tersendat disebabkan oleh stationer. Keluhan seperti ini pada dasarnya sering terjadi pada karbu motor. Karena, ketika campuran bahan bakar yang ada di lubang karbu tidak seimbang, dan akhirnya proses pembakaran menjadi kurang sempurna. Mesin akan menjadi tersendat. Cara untuk mengatasinya dengan memutar setelan skrup udara searah jarum jam. Hal ini memiliki tujuan memperbanyak putaran udara menggunakan bahan bakar, setelah itu pindahkan tempat pilot jet di bagian tingkat yang besar, dan ganti jarum skep yang memiliki diameter lebih kecil agar campuran udara dengan bahan bakar dapat di semprotkan dalam ruang pembakaran dan menjadi semakin besar.

 

Kedua, tenaga mesin menjadi mengalami penurunan atau melemah. Permasalahan seperti ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan masalah sebelumnya yakni terjadi pada campuran bahan bakar dan udara yang kurang seimbang. Cara memperbaiki karburator ini dengan mengganti main jet yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan yang sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena asupan bahan bakar yang kurang stabil.

 

Ketiga, keluarnya asap hitam yang berasal dari motor. Hal ini disebabkan oleh komponen yang terlalu basah, dengan asupan bahan bakar yang masuk ke lubang karbu melebihi tekanan yang semestinya. Sementara itu, udara yang berada di dalam karbu menjadi semakin sedikit. Untuk memperbaikinya cukup putar setelan skrup udara di arah melepas agar udara yang masuk dalam lubang semakin bertambah, setelah itu ganti pilot dengan nomor lebih kecil dibandingkan dengan sebelumnya.

 

Terakhir, tenaga mesin menjadi datar. Masalah ini disebabkan karena campuran udara serta bahan bakar di karburator terlalu banyak sehingga tekanan mesin tidak sesuai, hal ini biasanya disebut dengan karbu banjir. Masalah-masalah seperti ini sering terjadi, tinggal kita yang harus melakukan perawatan pada motor agar masalah tidak menjadi semakin parah dan performa motor tetap menjadi maksimal seperti biasanya. Jangan sampai Anda kurang memperhatikan komponen ini dan motor kurang enak digunakan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Perbaiki Karburator Rusak dengan Mudah dan Tepat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*