Tips Otomotif Untuk Mengatasi Putus Velt Belt Motor Matic

Motor matic merupakan jenis motor yang saat ini amat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Pangsa pasar motor matic sangat bergeliat. Motor bebek manual yang tadinya menjadi raja di pasar Indonesia, kini mulai tergerus. Sedikit sekali pabrikan yang mau memproduksi motor bebek manual. Jika memang harus ada, itu pun sudah merupakan motor semi laki-laki semacam motor Satria F. Matic hari ini didominasi oleh motor Yamaha Mio dan Honda Beat yang memang diproduksi untuk menyasar pasar kelas menengah ke bawah. Motor matic disukai oleh masayarakat Indonesia karena fungsinya yang lebih praktis ketimbang motor manual. Tak perlu mengatur porseneling atau memasukkan gigi motor atau menahan kopling. Motor matic hanya perlu dijalankan dengan tarikan gas saja. Namun ternyata, seperti halnya motor manual, motor matic juga memiliki masalah tersendiri dengan masalah karet velt belt. Karet ini rentang sekali putus. Namun anda tak perlu khawatir karena berikut adalah tips otomotif untuk mengatasi putus velt belt motor pada motor matic.

  • Memeriksa Getaran Velt Belt Motor

Sebaiknya sebelum menggunakan motor untuk berpergian, anda harus memeriksa velt belt motor tersebut. Anda harus memastikan kondisi mesin anda tetap stabil. Coba lakukan pemanasan. Jika memang dirasa ada getaran ganjil pada mesin, maka anda harus dengan cepat memeriksa velt belt anda. Mungkin itu pertanda bahwa sudah harus diganti. Jika memang sudah longgar dan bentuknya menipis, maka sebaiknya gantilah. Ini adalah antisipasi penting. Anda tentu tak mau jika velt belt ini putus di tengah jalan yang jauh dari bengkel.

  • Membaluri Velt Belt Motor Dengan Oli

Tips otomotif selanjutnya tentu saja adalah dengan cara membaluri velt belt dengan oli. Cara ini adalah upaya agar velt belt motor anda tetap awet. Anda tentu tidak mau velt belt anda menjadi cepat aus dan rapuh. Sehingga memaksa anda untuk rutin mengganti velt belt. Balurkanlah oli pada velt belt secara merata. Kemudian bersihkanlah bagian bagian yang kotor.

Baca Juga: Tips Otomotif Seputar Rem Cakram Motor yang Blong

  • Bukalah bagian Velt Belt Jika Motor Digunakan Untuk Perjalanan Jauh

Jika motor digunakan untuk perjalanan jauh, maka akibatnya motor akan menjadi lebih lekas panas. Tentu ini juga berpengaruh pada velt belt. Velt belt akan menjadi lekas memuai. Karena velt belt terdiri dari bahan dasar karet. Alangkah baiknya jika anda mau melepas bagian velt belt setelah menjalani perjalanan jauh. Cara ini sejenak akan membuat mesin anda menjadi lebih dingin. Diamkan selama kurang lebih setengah jam.

Berikut tadi adalah beberapa tips otomotif yang bisa anda coba untuk mengantisipasi velt belt yang putus. Anda tentu paham bahwa mengantisipasi jauh lebih baik daripada mengantisipasi. Selamat mencoba.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Otomotif Untuk Mengatasi Putus Velt Belt Motor Matic"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*