Tips Otomotif Seputar Rem Cakram Motor yang Blong

Rem adalah salah satu komponen yang paling penting dan harus selalu dalam kondisi baik pada kendaraan. Tanpa rem, kendaraan tidak akan bisa dikendalikan dan diberhentikan. Rem merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam keselamatan saat berkendaraan. Karena merupakan hal yang vital, maka dalam artikel ini kita akan membahas tips otomotif seputar rem cakram pada motor.

Mengingat begitu besarnya pengaruh rem terhadap keamanan saat mengendarai sepeda motor, maka wajib hukumnya bagi Anda melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala. Jika tidak, maka lambat laun rem akan mengalami kerusakan yang serius, salah satunya rem menjadi blong.

Jika rem blong maka saat direm harus menggunakan tenaga ekstra saat menekan pedal bahkan bisa jadi rem tidak berfungsi. Penyebab utama rem cakram blong adalah udara yang terjebak di sistem pengereman atau dikenal dengan istilah masuk angin. Hal ini biasanya karena terjadi kebocoran pada oli rem dan penggantian oli yang tidak tepat.

Berikut adalah tips otomotif mengatasi rem cakram yang mengalami blong akibat masuk angin, diharapkan dapat menjadi solusi bagi Anda yang sedang mengalami masalah yang sama.

Siapkan Bahan dan Alat:

Langkah-Langkah Perbaikannya:

  • Tekan tuas rem caranya kocok berulang-ulang sampai terasa ada tekanan. Lalu tahan posisi tuas tersebut, jangan dilepaskan.
  • Kendurkan cengkraman baut nipel, caranya buka sebentar lalu kencangkan kembali. Pada saat baut nipel terbuka, oli rem akan mengalir keluar dari lubang baut nipel.
  • Perhatikan aliran oli rem yang keluar tersebut. Jika keluarnya pelan dan sedikit maka artinya masih ada udara yang terjebak di dalamnya. Sedangkan jika oli rem semprotan yang keluarnya cukup kuat dan deras, maka tandanya udara di dalam sistem pengereman sudah hilang.

Jadi kesimpulannya: kendurkan lalu kencangkan baut nipel berulang-ulang sampai oli rem mengalir kuat. Tapi inga, selama proses tersebut dilakukan harus sambil mengisi oli ke tabung reservoir master rem agar oli di dalamnya tidak habis. Apabila cadangan oli rem habis maka udara bisa masuk kembali.

Lakukan cara tersebut pelan-pelan dan hati-hati. Pastikan oli rem tidak terkena kulit karena bisa menyebabkan gatal-gatal. Selain itu hindari oli terkena cat dan barang yang terbuat dari bahan logam karena bisa menyebabkan korosi. Sebaiknya siapkan wadah khusus yang aman untuk menampung oli rem buangan.

Demikian tips otomotif mengatasi rem cakram yang blong. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat. Selamat mencoba!

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Otomotif Seputar Rem Cakram Motor yang Blong"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*