Tips Otomotif Perawatan Motor Agar Performanya Tetap Prima

Tips otomotif motor yang akan kita bahas dalam artikel ini wajib diketahui oleh Anda yang memiliki motor yang digunakan sebagai kendaraan sehari-hari. Perawatan yang tepat dan teratur membuat kendaraan lebih awet dan prformanya tetap terjaga dengan baik. Jika tidak kendaraan Anda akan mengalami masalah, seperti: mogok dan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Tentu hal ini akan mengganggu kegiatan dan aktivitas sehari-hari apalagi kendaraan roda dua digunakan untuk sehari-hari.

Merawat motor tidak susah, jika Anda mengetahui bagian-bagian motor dan fungsinya masing-masing. Berikut tips otomotif mengenai cara perawatan motor yang perlu Anda ketahui:

Periksa Busi Motor

Busi merupakan bagian mesin motor yang fungsinya sangat penting, tanpa busi motor tidak akan bisa jalan walaupun ada bensin. Jika kondisi busi sudah mencapai 10 ribu Km sebaiknya diganti.

Periksa filter Karburator dan Bersihkan

Yang perlu Anda ketahui adalah karburator mesin motor dibagi menjadi dua yaitu karbulator basah dan kering. Umumnya motor keluaran tahun 1990-an hingga tahun 2000 menggunakan jenis karbulator basah. Jika motor Anda menggunakan karbulator basah cara perawatannya bisa dengan membersihkannya menggunakan bensin , setelah selesai lanjutkan dibersihkan dengan oli. Sedangkan motor keluaran tahun 2000  sampai keluaran motor yang terbaru menggunakan karbulator kering. Cara perawatannya bisa dengan disemprot menggunakan kompresor agar kotoran di belakang karburator hilang.

Periksa Gear dan Rantai

Permasalah yang umumnya sering terjadi adalah rantai motor kendor dan gear habis. Kondisi tersebut bisa membahayakan, apalagi sedang menempuh perjalanan jarak jau. Jadi sebelum melakukan perjalanan periksa bagian rantai dan gear. Jika kondisinya kurang baik sebaiknya ganti dengan yang baru.

Baca Juga: Tips Mencuci Mobil yang Benar dan Aman Agar Hasil Maksimal

Cek Kondisi Aki

Ada dua jenis aki yang biasa digunakan oleh sepeda motor, yaitu aki kering dan aki basah. Jika motor Anda buatan tahun 2000 dan seterusnya umumnya menggunakan jenis aki kering yang tidak begitu susah perawatannya. Asalkan tiga tahun sekali diganti.

Sedangkan jenis motor keluaran sebelum tahun 2000 umumnya menggunakan jenis aki basah harus dicek setiap saat, jika akinya kering harus segera diisi. Ciri-ciri motor yang akinya bermasalah tanda-tandanya tidak mau nyala saat distarter. Jika demikian sebaiknya jangan dipaksakan terus distarter karena bisa merusak gigi transmisi.

Panaskan Mesin Motor

Memanaskan motor sebelum digunakan adalah aktivitas yang wajib Anda lakukan karena fungsinya adalah agar semua mesin motor bisa terlumasi oli pada waktu motor dijalankan. Namun sayangnya memanaskan motor kadang lupa, padahal waktu memanaskan motor hanya membutuhkan waktu 1 – 2 menit.

Gunakan Spartepart yang Asli

Spartpart atau suku cadang motor asli harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang KW alias palsu. Kelebihan spartpart yang asli lebih tahan lama karena kualitasnya lebih terjamin.

Demikian pembahasan mengenai tips otomotif merawat motor yang tepat. Merawat motor yang baik merupakan hal wajib bagi pemilik motor karena selain menjaga motor awet juga bisa membuat motor terlihat masih baru dan terawatt dengan baik.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Otomotif Perawatan Motor Agar Performanya Tetap Prima"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*