Tips Otomotif, Panduan Berkendara Motor Saat Hujan

Beberapa bulan terakhir di Indonesia terjadi musim hujan, tentunya hal ini harus diwaspadai dengan hati-hati. Apabila Anda beraktifitas di luar hari, dan terjebak hujan bersama kendaraan motor Anda. Tentunya hal tersebut membuat Anda repot. Anda harus waspada, ketika mengendarai motor saat hujan. Karena turunnya hujan akhir-akhir ini membuat beberapa ruas jalan digenangi banjir, bahkan bisa menutup akses jalan Anda. Tentunya Anda harus mempunyai cara yang bijak, agar motor Anda terhindar dari mogok ketika terjadinya hujan maupun banjir. Postingan tips otomotif dalam kesempatan kali ini, akan memberikan panduan bijak berkendara motor saat hujan, agar Anda terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan pada kendaraan motor Anda. Simak ulasannya di bawah ini sebagai berikut.

Berikut tips otomotif, panduan berkendara motor saat hujan:

  • Jangan paksakan kendaraan motor Anda ketika terjadi hujan maupun banjir melintasi ruas jalan yang digenangi banjir. Karena apabila Anda memaksakan kendaraan motor Anda melintasi ruas banjir, karena berfikir genangan air tersebut belum parah, bisa dipastikan akan mengganggu busi maupun kelistrikan mesin motor Anda. Solusinya adalah Anda jangan memaksakan, walaupun jalan tersebut jalan terdekat ke rumah Anda. Coba tanya kepada kepolisian yang bertugas di jalan tersebut, jalan termudah atau jalan terdekat yang tidak digenangi ruas banjir. Mungkin kalau Anda mengikuti tips otomotif panduan berkendara ini, Anda akan terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti motor Anda tiba-tiba mati di jalan dan harus kebengkel. Pastinya akan memakan biaya tambahan.
  • Hujan memang tidak bisa dipastikan volume airnya yang turun. Jika Anda sedang berkendara dan motor Anda terkena air hujan di jalan raya, ditambah terjebak macet, tentunya motor Anda pasti cukup lama terkena volume air hujan yang tidak berhenti-henti tersebut. Jika sudah begitu, Anda harus mencari tempat steam pencucian motor. Cucilah segera motor Anda, setelah terkena air hujan ketika di jalan raya. Karena kita semua tahu air hujan mengandung zat asam yang bisa membuat kendaraan motor Anda bisa berkarat, apabila didiamkan agak lama, bahkan tidak dicuci sama sekali.
  • Jika terjadi hujan di jalan raya dan Anda sedang berkendara, tips otomotif berkendara lainnya yang harus Anda lakukan adalah memberi oil pelumas pada rantai motor Anda ketika terkena hujan. Fungsinya adalah menghindari rantai Anda dari karatan dan menjaga rantai Anda tetap maksimal dan berfungsi dengan baik.
  • Biasanya saat kita berkendara motor di kala hujan lebat, jarak pandang mata Anda pasti terganggu dengan air hujan yang deras. Nah, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan di jalan ketika hujan adalah dengan fokus terhadap kecepatan sedang motor Anda. Laju kendaraan Anda harus diminimilisr kecepatannya. Pakailah helm yang bening, ketika terjadi hujan.
Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Otomotif, Panduan Berkendara Motor Saat Hujan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*