Tips Otomotif, Panduan Berkendara Mobil Matic Saat Terjadi Genangan Banjir

Hujan di Indonesia beberapa bulan terakhir ini seperti tidak ada habisnya, dari pagi sampai sore dan tentunya akan menganggu aktifitas Anda di luar rumah. Apalagi saat ini dibeberapa kota besar di Indonesia, siaga banjir. Dan tentunya siaga banjir ini membuat masyarakat yang sering berpergian dengan mengendarai mobil harus waspada, karena kalau anda tidak waspada dan cuek saat melewat genangan jalan yang terkena banjir, mobil kesayangan Anda bisa mogok, apalagi kalau mobil anda matic. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat hujan dan banjir, kami akan berikan informasinya dalam postingan artikel kali ini, tips otomotif panduan berkendara mobil matic saat terjadi genangan banjir.

Berikut tips otomotif, berkendara mobil matic:

  • Jika mobil matic anda sudah terlanjur masuk ke ruas jalan yang digenangi banjir, walau tidak begitu besar debit airnya. Segera pindahkan gigi otomatis mobil matic anda ke huruf L. Karena mobil akan terasa lebih berat. Dan bisa menahan debit air banjir tersebut, agar mobil matic anda bisa seimbang.
  • Jangan pernah menyalakan ac ketika hujan tengah berlangsung dan terjadi genangan banjir. Karena jika Anda nekat menyalakan ac di jalan yang terkena genangan banjir, bisa terjadi konslet pada mesin listrik. Jika begitu, pastinya anda yang repot. Jadi bijaklah, saat terjadi hujan maupun terjadi genangan banjir. ┬áToh hujan juga bisa membuat ruangan dalam mobil anda menjadi lebih sejuk tanpa menyalakan ac, dan terhindar juga dari pemboroan bahan bakar mobil anda.
  • Ada bagusnya, anda sebagai pengendara mobil matic menghindari jalan yang notabena sedang digenangi air banjir. Anda bisa tanyakan kepada pengendara lainnya atau petugas kepolisian yang sedang bertugas menjaga lalu lintas saat hujan. Coba tanyakan kepada mereka, jalan yang tidak digenangi banjir. Dengan begitu, mobil matic kesayangan anda akan terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. Pastinya petugas kepolisian mengetahui ruas jalan yang tidak sama sekali tergenangi banjir. Walaupun akan menambah kilometer yang cukup jauh ke arah rumah anda atau tujuan anda, toh tidak jadi masalah.
  • jika mobil matic anda sudah melewati genangan banjir, tips otomotif berikutnya adalah jangan langsung menarik pedal gas mobil matic anda dengan kencang, karena piringan rem dan kanvas akan basah , karena rem tentunya akan menjadi lebih licin. Jadi tetaplah mengatur kecepatan dengan sedang-sedang saja.
  • Setelah mobil matic anda menerebos hujan dan genangan banjir dengan susah payah, segeralah cari steam pencucian mobil terdekat, karena air hujan mengandung zat asam yang bisa membuat body atau mesin mobil matic kesayangan anda tersebut, bisa berkarat.
Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Otomotif, Panduan Berkendara Mobil Matic Saat Terjadi Genangan Banjir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*