Tips Otomotif Dasar yang Wajib Diketahui Pemula

Banyak orang yang bisa mengendarai sebuah motor atau mobil, namun pandai dalam berkendara belum tentu memberikan jaminan mereka akan mengetahui banyak hal tentang otomotif, khususnya adalah cara memperbaiki atau bahkan komponen-komponen yang ada di dalamnya jika sudah terjadi masalah. Beberapa tips otomotif dasar agaknya harus Anda ketahui agar nantinya tidak kesulitan jika terjadi masalah dengan kendaraan Anda dalam posisi yang sangat darurat.

 

Setidaknya memang hanya ada 1 dari 10 orang yang tidak panik ketika tiba-tiba mesin kendaraan berhenti di tengah jalan. Hal ini jugalah yang membuat Anda harus hati-hati. Dalam kondisi darurat dan banyak orang yang lalu lalang di jalan raya, maka memungkinkan Anda nantinya untuk mendapatkan pertolongan. Namun dalam kondisi tempat yang sangat sepi, maka akan sangat sulit dapatkan bantuan. Kemungkinan besar Anda harus meninggalkan kendaraan tersebut dan pergi mencari bantuan. Berbeda jika memiliki keahlian sendiri dalam memperbaikinya.

 

Meskipun tak tau dasar-dasar perbaikan mesin, maka berikut ini setidaknya ada beberapa tips otomotif yang harus Anda ketahui, diantaranya adalah:

 

  1. Mengenal komponen-komponen yang ada dalam mesin kendaraan bermotor Anda, baik itu pengguna motor atau mobil, maka satu hal yang sangat wajib untuk dilakukan adalah dengan mengetahui nama komponen kendaraan dan juga apa fungsi dari komponen tersebut. Sehingga ketika nantinya Anda membantu orang lain juga akan tau jika disuruh melakukan sesuatu pada komponen tersebut.
  2. Kenali masalah-masalah dasar yang mungkin sering terjadi pada kendaraan. Kendaraan yang usianya sudah sangat tua rentan terhadap masalah oli dan bagian suspensi. Kendaraan yang masih baru juga sangat mungkin mogok, hanya saja permasalahannya berbeda, biasanya pada sistem pengapian atau sejenisnya. Dengan mengetahui masalah yang sering terjadi pada kendaraan maka nantinya Anda akan tau bagaimana solusi untuk mengatasinya.
  3. Bawa perangkat perbaikan dasar atau yang standard, ketika Anda melakukan perjalanan, kemanapun itu maka hal yang penting untuk selalu dibawa adalah peralatan dasar perbaikan kendaraan tersebut. Dengan demikian akan lebih mudah menangani sendiri dengan video panduan atau tutorial nya.
  4. Jika masalah yang dialami ternyata sulit untuk diperbaiki sendiri, maka panggillah bengkel terdekat untuk memperbaiki kendaraan Anda. Ini adalah jalan satu-satunya untuk membuat kendaraan Anda bisa berfungsi lagi sebagaimana mestinya. Namun satu hal penting yang juga harus dicatat. Jangan asal pilih yang ada di dekat Anda, banyak diantaranya yang berlaku curang dengan mengganti mesin asli dengan produk palsu.

 

Mudah bukan, itulah sedikit tips otomotif bagi Anda yang masih pemula, sehingga tak perlu panik jika terjadi masalah pada kendaraan Anda di tengah jalan. Bisa dicoba atasi sendiri atau dengan memanggil bantuan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Otomotif Dasar yang Wajib Diketahui Pemula"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*