Tips Otomotif: 4 Tata Cara Merawat Helm yang Benar

Jika mengunjungi sebuah situs otomotif maka dipastikan Anda akan mendapati banyak tips otomotif yang tentu saja memberi banyak manfaat. Pemilik kendaraan biasanya akan menjumpai beberapa bentuk atau kondisi masalah yang terjadi pada kendaraan tersebut, baik mobil ataupun motor. Mendapatkan solusi untuk permasalahan yang terjadi tentu bisa melirik situs berisi tips seputar otomotif tadi. Membaca berbagai tips di dunia otomotif juga membantu memberikan perawatan secara maksimal pada kendaraan beserta aksesorisnya. Perawatan yang tepat tentu akan membantu mempertahankan kualitas kendaraan dan aksesorisnya tadi.

Sudahkah Tahu Cara Merawat Helm?

Salah satu aksesoris wajib bagi pengendara sepeda motor adalah memakai helm, yang berfungsi melindungi kepala dari resiko benturan saat kecelakaan terjadi. Helm ini hadir dalam berbagai model sehingga untuk modis seseorang kerap memilih berdasarkan desain maupun corak. Merawat helm sangat penting agar awet, dan berikut tata caranya:

  • Menaruh helm dengan benar,

Saat meninggalkan sepeda motor di tempat parkir maka biasanya helm ikut di tinggal, apakah Anda meletakkannya di spion motor? Nah, cara ini ternyata keliru sebab bisa membuat helm mudah jatuh dan basah karena terkena air hujan. Opsional paling tepat adalah menjepit helm di handle belakang motor.

  • Pastikan kepala Anda kering saat memakai helm,

Saat memakai helm usahakan kepala sudah dalam keadaan kering, misalnya saat selesai keramas tentu akan basah. Memaksakan diri memakai helm akan membuat busa di helm tersebut ikut basah dan lembab sehingga memicu jamur. Jamur akan membuat helm rusak dan beraroma tidak sedap maka dalam tips otomotif perlu memastikan kepala kering agar helm awet. Jika memang tidak memungkinkan untuk mengeringkan rambut misal selalu memakai pomade, maka lapisi kepala dengan sapu tangan.

  • Jangan malas menjaga kebersihan helm,

Saat musim penghujan datang biasanya helm akan mudah lembab dan kotor setelah seharian dipakai bepergian. Usahakan untuk memperhatikan kebersihan helm Anda, yakni dengan mencucinya secara teratur. Pencucian ini akan membantu membersihkan kotoran sekaligus membuatnya selalu wangi. Sebab karena dipakai menutup kepala yang berkeringat selama di jalan biasanya helm mudah sekali apek. Apalagi jika disimpan dengan cara yang salah bisa-bisa aromanya membuat pingsan yang menghirupnya.

  • Simpan dalam keadaan terbalik,

Setelah dipakai meletakan helm baiknya tidak dilakukan secara asal, pastikan diletakan di tempat yang bersih dan kering. Selain itu tempatkan secara terbalik sehingga bagian batok helm berada di bawah, tujuannya untuk mempercepat proses penguapan. Keringat yang menempel pada bantalan dalam helm akan mudah mengering jika diletakan terbalik. Trik ini membantu menjaga helm selalu wangi meski Anda jarang mencucinya, sehingga mempraktekkan tips otomotif satu ini akan memberikan keuntungan menarik.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Otomotif: 4 Tata Cara Merawat Helm yang Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*