Tips Mudah Membeli Motor RX King Bekas Agar Tidak Kecewa

Tips Mudah Membeli Motor RX King Bekas Agar Tidak Kecewa

Seiring perkembangan teknologi terbaru saat ini ternyata masih banyak masyarakat yang gemar mengoleksi produk lama. Satu diantaranya adalah motor seri 2-tak yang sudah tidak lagi dikeluarkan oleh produsen. Seperti motor RX king atau sering dijuluki sebagai motor jambret ternyata masih eksis sampai dengan saat ini. Motor yang dikeluarkan oleh produsen Yamaha tersebut memang cukup berbeda, misalnya pada mesin tarikan yang dibekali 135 cc itu termasuk cukup kencang dari pada motor pada umumnya.

Tips Mudah Membeli Motor RX King Bekas Agar Tidak Kecewa

RX king terakhir kali diproduksi pada tahun 2009, itu artinya Anda yang ingin memiliki saat ini harus membeli dalam kondisi bekas. Membeli barang second itu bisa dikatakan gampang-gampang susah, gampang jika mendapatkan barang yang tepat dan susah ketika Anda salah memilih. Makanya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli motor kondisi bekas yaitu:

  • Perhatikan surat motor.

Yang pertama tentunya Anda perlu memperhatikan kelengkapan surat motor baik itu BPKB ataupun STNK. Keduanya harus mempunyai nomor mesin dan rangka yang sama, jika tidak pasti akan bermasalah kedepannya. Banyak pembeli pemula yang belum paham akan hal tersebut, menjadi korban penipuan dengan membeli motor yang tidak bersurat lengkap.

  • Cek keaslian nomor.

Nah, asli atau tidaknya nomor mesin dan rangka juga perlu untuk Anda perhatikan supaya jelas. Untuk model motor RX king tahun 1995 keatas nomornya diketok langsung oleh Yamaha, tetapi untuk motor tahun 1998 keatas sudah di gravir. Untuk melihat keduanya memang tidak bisa sembarangan, Anda harus lebih teliti lagi.

  • Perhatikan kondisi dari mesin motor.

Selanjutnya yang tidak boleh terlupakan adalah mengecek kondisi mesinnya, karena baik buruknya akan mempengaruhi performa motor ketika ada di jalanan. Misalnya dari suara yang halus, kasar, cek kebocoran, cek pompa oli samping dan berbagai komponen lainnya. Jika Anda kurang paham akan mesin, bisa mengajak orang yang dipercaya dan memahami mesin.

  • Cek kondisi fisik.

Membeli motor dalam kondisi bekas itu yang paling utama memang bagian mesin yang masih bagus atau tidak. Tetapi penting juga Anda memperhatikan bagian fisik, seperti setiap komponennya, bautnya, onderdil apakah itu asli atau tidak. Hal itu akan berpengaruh terhadap nilai jual atau beli motor tersebut.

Nah, itulah 4 tips mudah yang bisa Anda praktekkan secara langsung ketika akan membeli motor dalam kondisi bekas. Meskipun saat ini sudah ada model motor sport atau pria yang lebih keren tetapi ternyata pesona dari motor RX king masih cukup baik. Bahkan masih banyak sekali club motor tua tersebut yang aktif diberbagai kesempatan. Jika Anda berniatan untuk membeli, perhatikan ulasan diatas jangan sampai menyesal karena salah memilih.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Mudah Membeli Motor RX King Bekas Agar Tidak Kecewa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*