Tips Modifikasi Motor yang Aman Lalulintas

Tak semuanya bagian pada sepeda motor bisa dimodifikasi. Alih-alih ingin membuat modifikasi motor yang bagus dan elok dipandang, kita justru terkena tilang di jalan raya. Sebab, banyak sekali modifikasi motor yang serampangan. Tak memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan. Yang terjadi motor yang mereka modifikasi justru menimbulkan celaka. Jika tidak celaka, minimal mereka akan terkena tilang polisi di jalan raya ketika razia. Untuk itu, anda tak boleh sembarangan ketika mengendarai motor yang dimodifikasi dengan sembarangan. Karena, anda bisa terkena pasal berlapis jika melanggar ini. Oleh sebab itu, berikut ini kami hadirkan beberapa tips untuk modifikasi motor. Ada bagian pada motor yang tidak boleh anda modifikasi secara sembarangan.

  • Jangan merubah bagian rangka

Banyak orang yang ingin sekali mengubah bagian rangka motor agar terlihat lebih keren dan unik. Namun, sialnya, rangka yang diganti justru jenis rangka yang tidak aman. Bentuknya mengabaikan beberapa faktor keamanan. Karena itu, sebaiknya anda tak mengubah model rangka pada sepeda motor anda. Selain demi faktor keamanan, model bagian rangka ini juga berpengaruh pada proses administrasi sepeda motor anda.

  • Jangan mengubah dimensi sepeda motor anda

Larangan selanjutnya tentu saja, jangan sampai anda mengubah volume, panjang dan lebarnya motor anda. Sebab, selain tak sesuai standard, ini juga berpengaruh pada proses pengurusan perpanjangan STNK dan BPKB anda. Karena panjang, lebar, dan volume motor anda datanya sudah tercantum pada STNK dan BPKB anda. Jadi akan sedikit repot jika anda melanggar standar yang ada pada STNK dan BPKB anda.

  • Jangan mengubah volume mesin motor anda

Kebanyakan orang sangat ingin mengubah CC motornya. Tentunya agar lebih perkasa dan gesit tarikannya. Namun, sialnya hal ini juga melanggar aturan perundang undangan tentang sepeda motor. Jadi, anda harus mengurungkan niat anda untuk mengubah bagian ini. Atau sebaiknya anda membeli motor baru dengan CC yang lebih tinggi lagi.

  • Jangan mengubah warna dasar sepeda motor anda

Anda tentu kadangkala juga bosan dengan warna dasar pada sepeda motor anda. Oleh karenanya, anda juga berpikir ingin sekali mengubah warna dasar sepeda itu. Tetapi sialnya ini juga melanggar aturan. Alasannya, karena mengubah warna dari dari pabrik, sama saja dengan mengubah dokumen administrasi motor tersebut.

Jadi, bagian mana yang boleh dimodikasi? Maka sebaiknya yang boleh dimodifikasi adalah sebatas bagian bagian asesoris seperti velg dan bagian lainnya. Atau mungkin anda juga bisa mengubah kaca spion yang dianggap sudah tidak menarik dengan kaca spion yang lebih trendy, tetapi tentu saja tetap harus sesuai standar. Modifikasi motor yang sembarangan justru membuat anda terkena denda.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Modifikasi Motor yang Aman Lalulintas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*