Tips Merawat Vespa Klasik dengan Baik dan Benar

Vespa merupakan kendaraan klasik yang kini mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia, untuk dijadikan barang koleksi kendaraan mereka. Bahkan model vespa kini banyak dijadikan sebagai trend design kembali oleh berbagai produsen kendaraan bermotor untuk dijadikan model motor matic yang mereka ciptakan. Selain memiliki mesin yang handal untuk digunakan dalam berbagai medan, Vespa juga dikenal memiliki bentuk yang unik sebagai sebuah kendaraan beroda dua, sehingga sangatlah wajar jika kendaraan ini kini banyak dijadikan sebagai bahan koleksi oleh para pencinta motor klasik yang ada. Namun tahukah Anda bahwa untuk mempertahankan fungsi dari seluruh panel yang terdapat pada Vespa klasik ini, Anda haruslah melakukan perawatan secara rutin dan berkala.

Secara umum, untuk menjaga fungsi dari panel yang ada dalam vespa dengan model klasik ini, adalah melakukan perawatan secara berkala, dimana perawatan ini tidak jauh berbeda dengan perawatan kendaraan bermotor roda dua pada umumnya. Penggantian oli secara rutin dan berkala, sesuai dengan jadwal penggantian oli harus juga dilakukan oleh para pemilik vespa model klasik, karena oli merupakan bagian pelumas utama yang menjaga fungsi dari mesin penggerak yang bekerja pada sistem kendaraan roda dua yang ada.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam perawatan Vespa klasik, agar fungsi dari panel-panel yang ada didalamnya dapat bekerja dengan optimal, antara lain adalah

  • Lakukan pengecekan pada bagian aki Vespa, dimana Vespa keluaran tahun 80an, sudah menggunakan aki sebagai penghidup mesin. Periksa dengan seksama kepala aki, karena jika lama tidak digunakan pada umumnya kepala aki dapat berkerak.
  • Perhatikan bagian busi dari Vespa Anda, mengingat Vespa masih menggunakan mesin 2 tak, yang sangat memungkinkan terjadinya kerak pada bagian kepala busi, sehingga pergantian busi secara teratur dalam jangka waktu 6 bulan memang perlu untuk dilakukan. Untuk memperpanjang usia busi ini, Anda dapat membersihkan kerak pada busi secara berkala dan rutin.

Selain hal tersebut diatas, mengecek kran bensin pada Vespa, juga perlu Anda lakukan mengingat mesin pada Vespa memiliki 2 tangki yang secara khusus memiliki fungsi yang berbeda, dimana tangki oli dan tangki bensin harus terpisah dan tidak boleh terhubung satu sama lain. Oleh karenanya mengecek kondisi kran bensin sangatlah penting untuk Anda lakukan, agar nantinya kedua cairan tersebut tidak tercampur, yang nantinya dapat mengganggu kinerja dari mesin Vespa.

Jika Vespa klasik Anda mengalami masalah pada salah satu bagian pentingnya, maka usahakan untuk segera mengganti bagian yang bermasalah tersebut dengan spare part lainnya. Mengingat spare part Vespa ini kini sulit ditemukan dalam kondisi baru, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk masuk kedalam komunitas pencinta vespa, agar nantinya Anda dapat menemukan sparepart Vespa dengan mudah.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Merawat Vespa Klasik dengan Baik dan Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*