Tips Merawat Motor Matic dengan Benar Agar Lebih Awet

Tips Merawat Motor Matic dengan Benar Agar Lebih Awet

Sepeda motor mempunyai dua pilihan yang ada di pasaran yaitu ada motor matic dan motor gigi. Dan di jalanan sendiri motor matic mempunyai banyak penggemar dan orang yang mengemudikan motor jenis ini. Ketika akan memilih motor matic tentunya juga membutuhkan beberapa tips bisa digunakan sehingga dapat untuk merawat motor jenis ini dengan tepat dan tetap awet. Misalnya saja beberapa tips tepat untuk merawat jenis motor matic yang mudah adalah sebagai berikut ini:

Tips Merawat Motor Matic dengan Benar Agar Lebih Awet 

  • Memanaskan motor sebelum digunakan

Tips paling mudah dan bisa dilakukan pertama adalah dengan memanaskan motor sebelum digunakan. Bagi Anda yang mempunyai motor jenis matic atau juga motor gigi memang harus memanaskan mesinnya terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal tersebut akan menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan apabila sering lupa dan tidak memanaskan motor sebelum digunakan. Karena apabila tidak dipanaskan motor yang dipunyai akan mudah rusak dan berumur pendek. Oleh karena itulah luangkan waktu untuk memanaskan motor sebelum digunakan setidaknya selama 5 menit sehingga motor matic akan lebih awet dan mempunyai mesin yang lebih siap untuk digunakan.

  • Mengganti oli dengan rutin

Hal mudah lainnya yang harus diperhatikan adalah dapat untuk mengganti oli dengan rutin. Hal ini merupakan cara untuk merawat motor agar tetap menjaganya mesinnya tetap nyaman digunakan terutama ketika digunakan untuk bepergian jarak jauh. Jenis motor matic ini sangat penting untuk diperhatikan agar membuat mesinnya tetap awet dan memang memerlukan perawatan ekstra daripada motor gigi. Oleh karena itulah perlu untuk mengganti oli secara rutin atau bisa dengan merasakan apakah tarikan motor sudah kasar dan juga bisa memperhatikan hitungan kilometer yang bisa menunjukkan waktu mengganti oli.

  • Jangan biarkan bensin kosong

Tips lainnya yang dapat digunakan untuk merawat jenis motor matic yang tepat agar lebih awet adalah dengan mengamati bensin dan jangan biarkan hingga kosong. Anda bisa untuk memperhatikan penanda yang ada dan menunjukkan berapa bensin yang masih tersisa di dalam tangki. Dan apabila sudah menunjukkan di huruf E maka bensin perlu untuk diisi sebelum habis. Karena apabila sampai habis dan sering diisi ketika bensin habis hingga tidak bisa berjalan hal tersebut akan membuat mesin tidak awet dan mudah rusak. 

  • Memperhatikan kecepatan ketika dikendarai

Tips selanjutnya untuk merawat motor matic yang tepat adalah dengan memperhatikan kecepatan ketika dikendarai. Misalnya saja Anda bisa untuk menghindari menggeber motor matic dan juga mengganti kecepatan secara mendadak hal tersebut sebenarnya tidak baik untuk mesin motor. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk selalu stabilkan kecepatan agar tidak membuat motor cepat panas dan juga hal tersebut dapat menghemat bahan bakar.

 

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Merawat Motor Matic dengan Benar Agar Lebih Awet"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*