Tips Merawat Motor Matic Agar Awet dan Selalu Prima

Tips Merawat Motor Matic Agar Awet dan Selalu Prima

Motor merupakan jenis kendaraan pribadi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Sebagai negara menengah, motor dinilai lebih hemat dalam kebutuhan bahan bakarnya dibandingkan dengan mobil. Selain itu memang harganya jauh lebih terjangkau sehingga lebih banyak orang yang mampu memilikinya. Dengan adanya motor jenis matic, para ibu dan wanita juga bisa berkendara dengan lebih mudah, aman dan nyaman. Perawatan motor juga lebih murah bahkan dapat diupayakan agar motor tak cepat rusak sehingga awet digunakan. Jika Anda juga punya motor matic di rumah, tak perlu khawatir karena berikut ini adalah cara merawat motor yang bisa Anda lakukan untuk menghindari motor matic mogok mendadak:

Tips Merawat Motor Matic Agar Awet dan Selalu Prima 

  • Ganti oli.

Mesin motor matic sebenarnya sudah berada di lokasi yang aman dan tak mudah kotor seperti pada motor bebek. Karenanya untuk menjaga kondisinya agar selalu prima, yang perlu dilakukan adalah rutin mengganti oli. Cara mengganti oli yang benar bukan dilihat dari periode penggunaan namun lebih pada kilometer yang telah ditempuh. Untuk motor matic, gantilah oli secara rutin setelah motor menempuh jarak 1.000km.

  • Kecepatan.

Stabil dalam hal kecepatan juga menjadi salah satu tips penting dalam merawat motor matic agar awet. Jangan berkendara dengan kecepatan yang sering berubah-ubah karena akan membuat mesin mogok mendadak juga dapat mempengaruhi kinerja belt dalam.

  • Panasi mesin.

Apapun jenis motor Anda, lakukan pemanasan mesin sebelum digunakan atau setiap pagi baik ketika akan digunakan maupun tidak. Terutama sekali adalah pada motor yang jarang dipakai, penting untuk membuat mesin tetap hangat meski hanya dengan melakukan pemanasan di tempat. Gunakan motor saat mesin sudah panas yang ditandai dengan suara stabil dan gas yang tidak mati meski dilepaskan.

  • Aki dan busi.

Hal lain yang dapat menyebabkan motor matic mogok di tengah perjalanan adalah kondisi aki dan busi. Untuk aki yang sudah lama, ada baiknya Anda memeriksakan kondisi aki tersebut dan menggantinya jika sudah terlihat kerusakan. Sedangkan untuk busi, lakukan pembersihan busi setiap kali melakukan service.

  • Vanbelt.

Motor matic tidak memiliki rantai namun menggunakan sabuk vanbelt sebagai penggantinya. Setiap kali melakukan service, periksa kondisi vanbelt karena akan sangat berpengaruh pada performa motor. Vanbelt yang sudah rusak atau berlubang, dapat tiba-tiba putus yang mengakibatkan motor Anda kehilangan tenaga.

Dengan melakukan tips merawat motor matic di atas, diharapkan Anda bisa melakukan perawatan sendiri sehingga motor matic akan awet dipakai hingga waktu yang lama. Melakukan service berkala juga dianjurkan terutama saat awal menggunakan motor matic baru. Untuk seterusnya, gantilah oli secara rutin dan lakukan service saat motor sudah menempuh 2 kali jarak tempuh untuk mengganti oli.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Merawat Motor Matic Agar Awet dan Selalu Prima"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*