Tips Merawat Motor Baru Bermesin Injeksi yang Benar dan Aman

Tips Merawat Motor Baru Bermesin Injeksi yang Benar dan Aman

Untuk sebagian orang membeli sepeda motor adalah perkara yang mudah. Namun, tidak jika dalam urusan perawatan. Dengan alasan kesibukan lain, urusan perawatan motor menjadi terbengkalai. Apalagi untuk Anda yang memiliki motor injeksi, tentunya membutuhkan perawatan khusus agar performanya tetap optimal. Maka dari itu, Anda harus menyimak tips merawat motor baru injeksi berikut ini.

Tips Merawat Motor Baru Bermesin Injeksi yang Benar dan Aman

Gunakan Bahan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Cara pertama merawat motor baru injeksi adalah penggunaan bahan bakar berotan 90 keatas. Pasalnya dengan bahan bakar ini, pembakaran dalam mesin motor Anda akan terproses secara sempurna. Bagi motor yang memiliki teknologi Injeksi memang dianjurkan untuk menggunakan bahan bakar yang beroktan 90 ke atas seperti, karena jika menggunakan bahan bakar berkualitas rendah bisa meninggalkan kerak pada sistem injeksi dan akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

Perhatikan Kodisi AKI

Perawatan pada AKI motor juga tidak boleh terabaikan karena baik buruknya kondisi AKI akan sangat berpengaruh terhadap performa motor injeksi. Maka dari itu, untuk Anda yang memiliki motor dengan berteknologi Injeksi sebaiknya AKI motor Anda harus diperiksa secara rutin. Periksa kondisi air dan jika kurang maka tambahkan dengan air AKI yang bayak beredar di pasaran. Namun jika AKI motor Anda sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal, sebaiknya ganti saja sebelum Aki benar-benar soak atau rusak.

Ganti Oil Secara Teratur

Seperti merawat motor baru pada umumnya, mengganti oli secara rutin juga sangat perlu dilakukan, setidaknya dilakukan setiap 2 bulan sekali atau setidaknya saat motor telah menempuh jarak 1.000 km. Selain itu, disarankan untuk memperhatikan pelumas motor karena jika mesin sering kekurangan pelumas dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal.

Periksa ECU

Electronic Control Unit atau ECU merupakan jantung pengoprasian sistem Injeksi pada motor. Karena ECU menjadi pengatur yang menentukan takaran bahan bakar yang disemprotkan serta buka tutup klep injector. Jadi apabila sistem ECU terganggu maka kinerja Injektor pada motor Injeksi Anda tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, bahkan akibat fatalnya motor bisa sampai mogok. Oleh karena itu, rutinlah memeriksa ECU pada kepada montir atau mekanis untuk menghindari kesalahan yang berakibat fatal.

Perawatan Busi

Cara merawat motor baru injeksi selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi Busi. Sebab busi merupakan pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran mesin. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengganti Busi motor secara rutin agar proses pembakaran menjadi lebih sempurna.

Periksa Bahan Bakar di Tangki

Kunci merawat motor baru injeksi adalah memastikan tangki bahan bakar motor Anda selalu terisi. Karena jika sampai bahan bakar anda habis saat sedang dikendarai, dapat merusak sistem injektor pada motor injeksi anda.

Lakukan Servis Berkala

Dan terakhir adalah lakukan service secara berkala pada motor Anda, setidaknya setiap 3.000 km atau sesuai dengan buku petunjuk servis. Namun, sebaiknya lakukan saja service setiap 3 bulan sekali untuk mengecek kondisi motor anda.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Merawat Motor Baru Bermesin Injeksi yang Benar dan Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*