Tips Merawat Mobil Tua Kesayangan Anda Agar Selalu Tampil Prima

Mobil merupakan alat transportasi yang memang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, karena tingkat kenyamanan yang dijanjikan didalamnya. Tidak hanya dijadikan sebagai alat transportasi saja, namun mobil juga kerap kali dijadikan sebagai barang kesayangan oleh beberapa kalangan. Bahkan berbagai jenis mobil yang mereka miliki dan tergolong sebagai mobil yang diproduksi pada tahun lama pun, masih tetap dipertahankan sebagai alat transportasi ataupun sekedar barang koleksi dalam garasi mereka. namun tahukah Anda meskipun mobil yang Anda gunakan tergolong sebagai mobil tua, yang diproduksi pada jaman lampau, mobil ini dapat tetap memiliki fungsi yang optimal, jika Anda melakukan perawatan dengan baik pada mobil tersebut.

 

Untuk dapat melakukan perawatan mobil lama yang masih tetap Anda gunakan, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah perawatan yang Anda lakukan haruslah rutin dan berkala. Dengan perawatan rutin yang Anda lakukan, maka Anda dapat mengetahui bagian-bagian mana saja yang masih memiliki fungsi normal, dan bagian lain mana yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari Anda. Lakukan perawatan khusus mulai dari bagian body hingga bagian mesin secara menyeluruh.

 

Berikut ini beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan terkait dengan perawatan mobil tua yang masih Anda gunakan, antara lain adalah:

Baca juga : Modifikasi Mobil Tua Menjadi Mobil Super Keren  

  • Lakukan penggantian oli secara rutin dan berkala, dengan menggunakan oli mobil yang sesuai dengan jenis mesin mobil Anda.
  • Bersihkan saringan bahan bakar, saringan udara pada mesin, serta bagian radiator pada mobil. Pastikan bahwa semua komponen tersebut masih berfungsi optimal, sehingga nantinya tidak mengganggu fungsi dari komponen lainnya.
  • Perhatian khusus harus Anda berikan pada bagian timing belt, bagian yang memang memiliki fungsi sebagai sebuah rantai pemutar ini, memang harus segera dilakukan penggantian setelah jarak tempuh dari mobil yang Anda gunakan mencapai 40 ribu km. Dengan penggantian tersebut, diharapkan nantinya fungsi dari komponen lain dalam mobil tetap dapat terjaga.

 

Selain hal tersebut diatas, bagian lain yang perlu Anda perhatikan dari mobil lama yang Anda gunakan adalah body dan cat mobil tersebut. pastikan ketika Anda menggunakan mobil lama Anda, Anda tidak memarkirkannya pada tempat yang terlalu panas, dan terkena sinar matahari secara langsung, karena hal tersebut dapat mengakibatkan cat pada body mobil menjadi cepat rusak. Bersihkan body mobil dari debu yang menempel dengan menggunakan kain lembut, agar tidak merusak body mobil tersebut.

 

Apabila terjadi kerusakan pada salah satu part pada mobil tua yang Anda gunakan, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk mengganti part tersebut dengan part pengganti dengan kualitas original. Part original yang Anda gunakan untuk melakukan penggantian pada mobil lama yang mengalami kerusakan, akan dapat menjaga fungsi dari komponen lain pada mobil, agar dapat bekerja dengan optimal.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Merawat Mobil Tua Kesayangan Anda Agar Selalu Tampil Prima"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*