Tips Merawat Mobil Sport Agar Tetap Berperforma Maksimal

Tips Merawat Mobil Sport Agar Tetap Berperforma Maksimal

Transportasi kini telah berubah menjadi kebutuhan pokok. Segala aktivitas tak dapat terlepas darinya. Telah banyak kegiatan yang menuntut mobilitas tinggi. Oleh karena itu kendaraan seperti mobil akan sangat Anda butuhkan. Kini perkembangan zaman juga telah merubah gaya hidup masyarakat, yang dulunya menganggap mobil sebagai barang mewah saat ini telah berubah. Kelebihan transportasi roda empat ini juga jauh lebih nyaman dibandingkan jika Anda menggunakan motor atau kendaraan umum saat bepergian. Agar kendaraan Anda memiliki usia yang mampu bertahan cukup lama, sebaiknya Anda rajin merawat mobil.

Tips Merawat Mobil Sport Agar Tetap Berperforma Maksimal

Perawatan itu Penting

Banyak jenis mobil dari beragam pabrik. Masing-masing mobil juga memiliki kelebihan dan kekurangan serta harus mendapatkan perawatan khusus. Tak jarang karena kecintaannya terhadap kendaraan roda empat ini, banyak orang yang rela mengeluarkan budget besar demi perawatannya. Merawat mobil adalah sebuah keharusan agar ia bisa digunakan dalam jangka waktu lama serta aman bagi si pengendara apalagi jika mobil Anda masuk dalam kategori motor sport. Berikut tips yang bisa Anda terapkan untuk perawatannya.

Mengganti Oli dengan Rutin

Oli memiliki peran penting pada semua jenis kendaraan. Ia berfungsi sebagai pelumas yang menjaga mesin tetap bekerja maksimal. Sebaiknya Anda rutin melakukan penggantian oli, minimal setiap 6 bulan sekali. Penggantian oli akan menjaga peforma mesin karena jika tidak mesin akan bekerja dengan kasar dan akhirnya bisa rusak.

Cek Bahan Bakar Mobil

Merawat mobil juga perlu Anda lakukan dengan selalu memperhatikan bahan bakar yang digunakannya. Untuk jenis mobil sport, bahan bakar yang sebaiknya digunakan adalah yang memiliki kandungan RON tinggi. RON inilah yang berperan penting pada keawetan mesin agar memiliki umur yang lebih panjang, menjauhkan terjadinya kerak, dan tidak kehilangan performanya.

Periksa Komponen Secara Teratur

Merawat mobil sport juga harus Anda lakukan pada komponen-komponennya. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara rutin terutama saat Anda sudah menggunakannya untuk menempuh jarak 10.000 km. Pada keadaan ini, Anda bisa segera melakukan penggantian pada komponen bagian dalam. Biasanya yang paling sensitif adalah pada bagian sistem jaringan dan sistem pengereman. Penggantian komponen ini juga untuk menjaga keamanan Anda.

Periksa Sistem Keamanan Mobil

Sebaiknya Anda juga memeriksa sistem keamanan mobil. Mobil sport dan mobil biasa memiliki sistem keamanan yang berbeda. Pada mobil sport, sistem keamanan biasanya telah menggunakan Dynamic Stability Control (DSC), Active Stability Control (ASC), dan Antilock Breaking System (ABS) yang harus selalu dijaga agar mobil Anda tetap terjaga keamanannya.

Perawatan Body Mobil

Merawat mobil ternyata bukan hanya dari dalam saja. Anda juga perlu memperhatikan bagian luar yaitu pada body mobil. Perawatan ini sebaiknya Anda lakukan dengan baik dan benar sehingga mobil spirt Anda tetap dalam keadaan yang mulus dan tetap bagus. Perawatan body ini juga sebagai pencegahan terjadinya korosi.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Merawat Mobil Sport Agar Tetap Berperforma Maksimal"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*