Tips Merawat Mesin Diesel Pada Mobil Agar Bertenaga  

Mobil dengan sistem operasional yang menggunakan tenaga diesel didalamnya, secara umum memang lebih memiliki suspensi dan tenaga dorong yang lebih tinggi. Selain itu mobil ini juga dikenal sebagai kendaraan yang irit bahan bakar dan mudah dalam hal perawatannya dibanding dengan jenis mobil yang menggunakan mesin dengan bahan bakar bensin didalamnya. Meskipun memiliki sistem perawatan yang mudah, namun kita para pengguna mobil dengan tenaga diesel, haruslah tetap melakukan perawatan secara berkala, dan memperhatikan berbagai hal agar nantinya fungsi dari mesin diesel didalam mobil tersebut dapat menjadi lebih optimal, sehingga daya dorong yang dihasilkan pun lebih bertenaga.

 

Untuk menjaga agar nantinya mobil diesel yang Anda gunakan dapat memiliki tenaga tarikan yang kuat, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan terkait dengan mobil tersebut adalah bahan bakar yang akan Anda gunakan. Pastikan bahwa Anda menggunakan solar dengan kadar sulfur yang rendah, dimana pada umumnya solar dengan kadar sulfur yang rendah akan membuat tarikan mesin menjadi lebih ringan, suara mesin pun menjadi lebih halus. Selain itu kadar sulfur yang rendah pada solar yang Anda gunakan, dapat mengurangi adanya asap sisa pembakaran pada mesin menjadi lebih rendah.

 Baca Juga : Inilah Beberapa Mobil Balap Paling Mahal di Dunia

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan mesin diesel yang ada pada mobil yang Anda gunakan, antara lain adalah:

 

  • Gantilah filter solar secara berkala dan rutin, agar nantinya solar yang masuk kedalam mesin dan digunakan untuk proses pembakaran merupakan solar bersih yang tidak akan mengganggu proses perjalanan bahan bakar tersebut ke ruang mesin dan pembakaran. Tersumbatnya aliran bahan bakar pun dapat menyebabkan terjadinya kendala pada mesin tersebut.
  • Bersihkan saringan udara secara rutin dan berkala, agar saringan ini tetap dapat menyuplai udara dengan baik, yang dibutuhkan untuk melakukan proses pembakaran.
  • Bersihkanlah saringan bahan bakar, jika memang indikasi pada dashboard sudah menyala, dimana hal ini menandakan bahwa saringan tersebut dalam keadaan kotor.

 

Untuk dapat menjaga kinerja dari mobil dengan tenaga diesel ini, akan lebih disarankan bagi Anda untuk terus menjaga volume solar sebagai bahan bakar, tidak kurang dari 1/3 tangki bahan bakar pada mobil Anda. hal tersebut dimaksudkan, agar nantinya tidak terjadi pengembunan pada tangki bahan bakar, yang dapat mengakibatkan bahan bakar bercampur dengan air pengembunan, dimana hal tersebut dapat mengganggu sistem kerja dari mesin mobil.

 

Menjaga agar mesin diesel pada mobil dapat berfungsi dengan optimal dan dapat menghasilkan tenaga tarikan yang besar, maka Anda juga harus rutin mengganti oli mesin, agar nantinya semua komponen dalam mesin dapat berjalan dengan baik, dan tidak terjadi gesekan antar komponen, yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada mesin. Pastikan gantilah oli mobil Anda secara teratur sesuai dengan jarak tempuh ataupun waktu penggunaan.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Merawat Mesin Diesel Pada Mobil Agar Bertenaga  "

Leave a comment

Your email address will not be published.


*