Tips Merawat Busi Motor Agar Tidak Cepat Mati

Kendaraan roda dua atau motor merupakan kendaraan yang paling banyak dimiliki dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini selain dikarenakan harganya yang paling terjangkau dibandingkan kendaraan jenis lain juga dikarenakan perawatannya yang lebih mudah dilakukan. Salah satunya adalah pada perawatan busi yang menjadi pemantik mesin untuk bisa bekerja. Busi motor terutama motor manual bisa dibersihkan sendiri agar terhindar dari macetnya kendaraan di jalan raya ataupun macetnya motor saat akan dihidupkan.

Bagi Anda yang memiliki sebuah kendaraan roda dua dan ingin tahu bagaimana cara merawat busi agar tidak mengalami kendala saat berada di jalan raya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar memiliki busi yang kondisinya selalu prima:

  • Cek kondisi busi secara berkala.

Busi sebenarnya memiliki usia tersendiri yang dihitung dari seberapa sering ia digunakan. Pada mesin motor maka Anda harus menghitung berapa kali Anda menyalakan motor Anda. atau cara yang paling mudah adalah mengganti busi setelah motor digunakan selama beberapa waktu sesuai dengan intensitas penggunaannya. Namun untuk mengetahui dengan lebih pasti kapan Anda harus mengganti busi sebelum ia mati atau tidak bisa digunakan adalah dengan mengecek langsung kondisi busi dengan cara mengeluarkannya. Busi yang masih baik akan memiliki ujung yang tebal dan bukan tumpul atau aus.

  • Membersihkan busi dari karat.

Setelah Anda mengeluarkan busi motor untuk melakukan pengecekan, langkah selanjutnya adalah membersihkannya jika kondisi busi masih tebal. Caranya adalah dengan mengikis debu di atasnya yang juga bisa menyebabkan busi menjadi kotor dan motor macet saat akan di starter. Membersihkan busi sebaiknya tidak menggunakan amplas atau kawat besi karena justru bisa mengikis material busi. Bersihkan debu dengan menggunakan sikat gigi bekas, atau semprot menggunakan angin. Setelah itu jangan lupa usapkan kain kering untuk memaksimalkan kebersihannya.

 Baca Juga:Lengkapi Mesin Motor Anda dengan Busi Motor Terbaik Ini!

  • Hindari menjalankan motor di jalanan yang tergenang air.

Musuh utama busi adalah air atau genangan air. Jika memungkinkan hindari jalanan banjir atau jalanan yang tergenang air. Jika Anda harus melewatinya, tuntunlah motor dengan mematikan mesin sehingga busi tidak bekerja saat mengenai genangan air. Setelah sampai pada jalanan yang kering, hidupkan motor perlahan kemudian lakukan pemanasan sebelum berkendara secara normal.

Harga busi motor memang tak seberapa namun jika terjadi kerusakan dengannya ketika motor sedang digunakan maka akan menjadi masalah yang pelik. Hal tersebut akan bertambah sulit jika Anda adalah seorang wanita dan berkendara sendirian. Membawa motor ke bengkel secara berkala juga bisa dilakukan untuk memeriksakan kondisi busi kendaraan Anda agar bisa langsung diganti ketika busi sudah aus atau kurang bisa berfungsi lama. Rawatlah kendaraan Anda secara rutin agar selalu bisa memberikan performa prima saat dibutuhkan.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Merawat Busi Motor Agar Tidak Cepat Mati"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*