Tips Menjaga Ban Motor Agar Tidak Cepat Aus

Pemilik kendaraan bermotor bukan hanya akan mendapatkan kelebihan dengan manfaat yang diberikan kendaraannya namun juga akan memiliki kewajiban untuk mentaati peraturan lalu lintas serta keharusan untuk menjaga dan merawat kendaraan yang dimiliki agar bisa digunakan dengan baik. Salah satunya adalah menjaga kondisi ban terutama ban motor agar tidak cepat aus yang mengakibatkan kendaraan menjadi kurang bisa dikontrol dan beresiko terjadinya kecelakaan. Pemilik kendaraan sendiri bisa menjaga kondisi ban kendaraannya dengan beberapa cara untuk memperlambat kehausan yang bisa terjadi.

Ban yang aus atau menjadi tipis akibat seringnya tergerus aspal jalan raya bisa mengakibatkan laju motor menjadi mudah slip atau licin. Selain itu ban yang tipis juga memudahkannya menjadi bocor atau kempes jika tertusuk paku atau benda tajam lain. Pastinya Anda tak menginginkan hal-hal tersebut terjadi karena bisa mengurangi kenyamanan dan kecepatan dalam menggunakan kendaraan. Agar ban bisa lebih lama digunakan dengan kondisi yang prima, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Tidak menarik gas sambil menarik rem secara bersamaan.
  • Tidak sering melakukan rem mendadak.
  • Rem depan dan belakang dilakukan secara berimbang.
  • Mengisi udara sesuai dengan kapasitas yang dianjurkan.
  • Merawat shockbreaker yang juga bisa mempengaruhi kondisi ban.

Baca Juga:Berapa Kiat Agar Ban Motor Awet dan Tahan Lama

Selain cara-cara di atas, memilih ban motor yang berkualitas dengan ketebalan tertentu juga bisa dilakukan untuk mempertahankan kondisi ban yang prima dengan lebih lama. Misalnya Anda menggunakan ban berjenis tubeless dimana udara yang digunakan adalah nitrogen sehingga menghasilkan tekanan udara yang lebih stabil. Ban tubeless juga bisa menjauhkan Anda dari resiko ban kempes karena tertusuk paku di jalan raya. Cara menambalnya pun lebih cepat dan mudah jika ban memang sampai menjadi kosong atau kempis akibat tertusuk benda tajam. Jika memungkinkan, Anda juga bisa menambahkan cairan anti bocor yang kini sudah banyak diperjualbelikan di berbagai toko ban maupun tambal ban nitrogen.

Beberapa point di atas merupakan cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi ban luar. Untuk ban dalamnya, jika Anda menggunakan ban biasa, Anda perlu melakukan pergantian jika sudah menambahnya maksimal 3 kali. Hal ini dilakukan agar ban tidak mengalami pecah secara tiba-tiba akibat terlalu banyaknya tambalan yang dilakukan. Pecah ban saat dikendarai terutama saat berkecepatan tinggi akan sangat membahayakan Anda dan pengguna jalan raya lainnya.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan merawat kondisi ban motor yang Anda gunakan. Harga ban untuk motor memang tak seberapa namun jika Anda terlalu sering menggantinya karena penggunaan yang salah pastinya juga bisa mengakibatkan pemborosan yang semestinya bisa dihindari. Bijaklah dalam berkendara agar bisa menciptakan keselamatan bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Menjaga Ban Motor Agar Tidak Cepat Aus"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*