Tips Memilih Spare Part Motor yang Benar dan Tepat Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Spare Part Motor yang Benar dan Tepat Sesuai Kebutuhan

Motor merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan, kendaraan ini dipilih karena dapat melaju cepat dan dapat menyalip ketika berada dalam kemacetan. Menggunakan motor juga lebih baik karena dapat berhenti pada pinggir jalan tanpa harus memakan bagian jalan yang cukup besar. Hampir semua orang di kota besar memiliki motor dengan merek yang berbeda-beda. Ada begitu banyak jenis motor yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya. Namun bagian yang penting adalah spare part motor, bagian ini harus sering diperhatikan karena akan sangat berpengaruh terhadap kondisi dan juga performa motor.

Tips Memilih Spare Part Motor yang Benar dan Tepat Sesuai Kebutuhan 

Saat ini begitu banyak suku cadang yang dijual dengan bebas di pasar maupun secara online. Namun terkadang pembeli tidak mampu membedakan suku cadang yang asli dan palsu. Memilih suku cadang yang palsu akan membuat performa motor menurun dan akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan yang asli. Oleh sebab itu perlu diperhatikan beberapa hal ini dibawah ini untuk tips memilih suku cadang yang asli diantaranya:

  • Perhatikan kemasan suku cadang, biasanya suku cadang asli memiliki tempat kemasan dengan warna dan tulisan yang lebih jelas. Selain itu juga tidak terdapat bagian yang rusak pada kemasan.
  • Usahakan pinta dalam memilah harga suku cadang yang ditawarkan, biasanya harga murah suku cadang tersebut biasanya palsu. Harga yang cukup mahal biasanya suku cadang yang asli.
  • Perhatikan pemberian garansi oleh suku cadang, jika garansi yang diberikan dari toko maka sudah dipastikan barang tersebut palsu. Namun jika garansi langsung dari produsen maka suku cadang tersebut asli.

Selain beberapa hal diatas, perhatikan komponen suku cadang yang digunakan. Biasanya suku cadang asli menggunakan komponen baja asli sedangkan yang palsu menggunakan komponen besi biasa. Spare part motor perlu diperhatikan keasliannya karena dampaknya akan sangat merugikan pengendara dan akan membuat pengeluaran semakin banyak. Lebih baik mahal dan barang tersebut asli dibanding murah tetapi palsu.

Berikut adalah beberapa suku cadang yang sering diganti diantaranya:

  • Oli mesin perlu diganti secara berkala jika pemakaian sudah mencapai 1.000 Km.
  • Busi perlu diganti jika pemakaian pada jarak 20.000 hingga 50.000 Km.
  • Aki diganti jika 2 hingga 3 tahun pemakaian.
  • Lampu kendaraan diganti jika 1,5 tahun digunakan.
  • Kanvas rem dan bagian kaki diganti jika sudah mencapai 20.000 Km.

Beberapa bagian diatas memang perlu diganti untuk tetap menjaga performa motor. Pengendara motor juga harus mengerti bagian spare part motor yang harus diganti dalam jangka pendek, hal ini akan membantu menjaga bagian suku cadang lainnya tetap awet. Penggunaan suku cadang yang asli dan dirawat dengan benar akan membuat motor tetap awet dan memiliki tenaga mesin yang maksimal.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Memilih Spare Part Motor yang Benar dan Tepat Sesuai Kebutuhan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*