Tips Memilih Mobil Tua untuk Tunggangan

Membeli mobil bekas untuk sarana transportasi, memang dapat memberikan kemudahan dan keuntungan bagi kita dalam menggunakannya. Selain memperkecil budget pembelian mobil yang akan kita beli, dengan memilih mobil second kita tidak perlu repot dalam melakukan pengurusan surat-surat kepemilikan kendaraan bermotor, karena kita hanya perlu meneruskan dan memperpanjang surat mobil yang telah ada tersebut. Namun tahukah Anda bahwa memilih mobil bekas, juga tidak boleh sembarangan dalam pemilihannya, berbagai hal terkait dengan kondisi mobil merupakan hal yang wajib Anda perhatikan. Berikut ini sedikit ulasan mengenai tips pemilihan mobil tua yang akan Anda beli ataupun Anda gunakan.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan mobil bekas ini adalah kondisi dari body mobil itu sendiri, pastikan bahwa mobil second yang Anda pilih, masih memiliki body yang mengkilap dan terawat, meskipun merupakan mobil dengan tahun pembuatan yang lama. Periksalah kondisi body mobil, dan pastikan tidak terdapat goresan yang berarti pada body mobil tersebut. Sesuaikan warna body mobil, dengan warna mobil yang tertera pada surat tanda nomor kendaraan yang dikeluarkan oleh instansi resmi terkait dengan mobil tersebut.

Hal lain yang selalu harus diperhatikan dalam pemilihan mobil tua yang akan digunakan sebagai tunggangan keseharian adalah mesin dari mobil tersebut. Pemilihan mesin mobil yang masih dapat berfungsi dengan baik, serta tidak terjadi kebocoran pada bagian pengisian oli mobil, menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Untuk mengetahui kondisi mesin yang baik, berikut ini cara yang dapat Anda lakukan, yang antara lain adalah

  • Bukalah cup mesin dan perhatikan mesin yang ada didalamnya, pastikan bahwa tidak terdapat rembesan oli pada setiap bagian mesin mobil yang akan Anda beli tersebut. Selain itu perhatikan pula baut pada mesin, pastikan bahwa baut berada pada posisi tidak kendor dan terpasang dengan baik.
  • Hidupkan mesin dan perhatikan suara yang dikeluarkan oleh mesin mobil tersebut, pastikan bahwa mesin mobil masih memiliki suara yang halus dan tidak mengeluarkan suara-suara bising dan aneh.
  • Perhatikan ujung dari knalpot, pastikan bahwa tidak terdapat cipratan oli ataupun asap yang terlalu mengepul.

Setelah Anda memastikan kondisi mesin, hal yang harus Anda perhatikan adalah surat-surat ataupun dokumen kelengkapan dari mobil tersebut. Pastikan bahwa Anda memilih mobil yang mempunyai kelengkapan valida dan memiliki masa berlaku panjang. Pembelian kendaraan dengan masa berlaku panjang, pada dasarnya akan dapat memperkecil budget kepengurusan surat dari kendaraan tersebut.

Bagi Anda yang memang lebih menyukai menggunakan mobil tua sebagai tunggangan Anda, tak ada salahnya jika Anda mencoba terlebih dahulu mobil tersebut dengan meminta ijin dari pemiliknya, untuk memastikan kondisi dari mesin mobil tersebut. Ketahuilah terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan dari mobil yang akan Anda beli, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Memilih Mobil Tua untuk Tunggangan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*