Tips Membersihkan Filter Udara Motor yang Benar

Tips Membersihkan Filter Udara Motor yang Benar

Bagi Anda pemilik sepeda motor yang setiap hari notabene selalu digunakan, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara tepat untuk merawat motor Anda agar tetap awet dan tidak mudah mengalami gangguan. Salah satu komponen yang penting Anda perhatikan dari sepeda motor itu sendiri adalah filter udara motor. Apa itu filter udara motor dan apa fungsinya? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tips Membersihkan Filter Udara Motor yang Benar

Filter udara atau penyaring udara itu sendiri merupakan salah satu perangkat pacu dalam sepeda motor yang memiliki fungsi menyaring udara dari luar untuk menunjang aktivitas pembakaran yang ada di ruang pembakaran pada mesin pacu sepeda motor. Setiap motor, memiliki jenis filter udara yang berbeda-beda. Untuk itu, mengingat pentingnya keberadaan filter motor, mengharuskan Anda untuk dapat merawat motor dengan baik dan benar khususnya dalam membersihkan filter udara motor itu sendiri. Dibawah ini akan ada tips dan cara merawat filter motor sesuai dengan jenisnya yang harus Anda ketahui.

Filter Udara Motor Tipe kering

Kelebihan dari filter motor yang satu ini memang tidak mudah mengalami kerusakan dan awet, sehingga tak heran jika harganya relatif mahal. Cara merawat filter motor yang satu ini, Anda hanya perlu menyemprot bagian filter dengan angin bertekanan tinggi yang diarahkan ke bagian sela-sela filter motor.  Sebaliknya hindari membersihkan filter motor jenis ini dengan bensin atau dengan cara dicuci sabun, karena akan menyebabkan filter motor menjadi rusak.

Filter Udara Motor Tipe Spoon atau Busa

Untuk merawat filter motor jenis ini juga tidak susah, karena Anda hanya perlu menyemprotkan angin yang bertekanan tinggi ke arah filter motor. Berbeda dengan filter jenis kering, filter spoon bisa Anda cuci dengan menggunakan bensin atau direndam dalam air yang sudah dicampur dengan sabun kemudian kucek-kucek sampai kotorannya hilang. Dan lebih bagusnya lagi, setelah membersihkan filter motor tersebut, Anda bisa sedikit melumuri dengan menggunakan oli.

Filter Udara Motor Tipe Basah

Dalam merawat motor filter merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, untuk filter udara tipe basah ini merupakan tipe filter yang terbaru dibandingkan ke dua filter yang sudah dijelaskan di atas.  Jenis filter yang satu ini memiliki komponen yang sama seperti jenis filter kering, namun cara perawatannya tetap berbeda. Untuk filter motor tipe basah, cara perawatannya adalah Anda tidak diperkenankan untuk menyemprot dan juga tidak perlu dicuci. Karena nanti akan berakibat fatal pada kualitas filter mobil dan menyebabkan kerusakan. Untuk itu, Anda hanya perlu memukul-mukul secara ringan atau bisa dengan cara dilap menggunakan kain bersih secara perlahan.

Namun jika Anda sudah mendapati filter dalam keadaan kotor dan kotorannya sulit dihilangkan, maka  disarankan untuk Anda mengganti filter tipe basah dengan yang baru.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Membersihkan Filter Udara Motor yang Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*