Tips Melakukan Kegiatan Motor Touring dengan Aman

Motor merupakan salah satu kendaraan ataupun alat transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, karena selain memiliki performa yang cukup tinggi, motor juga memiliki banderol harga yang lebih terjangkau dibanding dengan jenis alat transportasi bermotor lainnya. Munculnya berbagai jenis, model serta merek motor di Indonesia, semakin menambah semaraknya penggunaan motor tersebut di jalanan Indonesia. Bahkan hal tersebut pun turut menjadi faktor tumbuhnya berbagai club motor yang memang memiliki motor sejenis untuk dapat berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh club-club motor ini adalah kegiatan motor touring atau melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang lumayan panjang dengan menggunakan motor kesayangan mereka tersebut.

 

Kegiatan touring dengan menggunakan motor ini, biasanya akan dilakukan oleh para pemilik motor dengan motif sejenis ataupun merek sejenis, dengan melakukan perjalanan antar kota atau bahkan antar propinsi. Bahkan beberapa kegiatan touring inipun banyak dilakukan oleh para anggota club motor dengan menempuh jarak antar pulau. Untuk dapat melakukan kegiatan touring ini, tentunya para anggota club haruslah melakukan dengan aman dan sesuai dengan prosedur dan standar keamanan yang telah ditetapkan oleh aturan club untuk menjaga keselamatan para anggotanya.

 

Bagi Anda para anggota club motor yang memang ingin melakukan kegiatan motor touring bersama dengan teman-teman Anda, berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan, agar nantinya kegiatan touring dapat Anda lakukan dengan aman, yang antara lain adalah:

 

  • Periksalah dengan seksama kondisi dari motor yang Anda gunakan, pastikan bahwa semua panel yang terdapat dalam motor dapat berfungsi dengan optimal. Periksalah bagian rem, lampu serta panel lainnya dengan teliti.
  • Gantilah oli Anda sebelum melakukan perjalanan touring, agar nantinya mesin pada motor Anda tidak menjadi cepat panas karena digunakan untuk menempuh jarak yang jauh.
  • Gunakan perlengkapan dan peralatan keamanan selama melakukan touring seperti helm, rompi, jaket, sepatu dan perlengkapan lainnya.
  • Bawalah perlengkapan lainnya yang memang dibutuhkan selama melakukan perjalanan touring sesuai dengan tujuan dan jarak tempuh yang harus Anda lewati.

 

Untuk dapat melakukan touring dengan lebih aman, maka akan sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan koordinasi secara mendetail dengan anggota club motor, yang memang akan berpartisipasi pada kegiatan touring tersebut. Pastikan bahwa rute perjalanan telah ditetapkan, dan pemandu perjalanan yang memiliki tugas untuk membuka jalan yang akan Anda lalui pun telah ditunjuk dengan tepat.

 

Persiapkan berbagai bekal kesehatan seperti air minum, perlengkapan P3K dan perlengkapan lainnya sebelum perjalanan Anda mulai. Berdoalah bersama-sama agar nantinya touring yang Anda lakukan dapat berjalan dengan optimal. Ikutilah rombongan motor touring Anda, dan selalu koordinasikan posisi masing-masing dengan anggota club lainnya, agar nantinya tidak ada satupun peserta yang terpisah dari rombongan.

 

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Melakukan Kegiatan Motor Touring dengan Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*