Tips dan Panduan Belajar Mengendarai mobil

Tips dan Panduan Belajar Mengendarai mobil

Keterampilan mengendarai mobil di zaman sekarang penting untuk dimiliki. Jika Anda ingin belajar mengemudi namun belum merasa harganya terlalu mahal tidak perlu dijadikan masalah. Karena bisa belajar dari orang lain yang sudah bisa mengemudi. Selain itu, Anda juga harus tahu tentang tips dan trik ketika belajar mengendarai. Bagi Anda yang ingin tahu tips-tips tersebut, berikut kami berikan ulasannya.

Tips dan Panduan Belajar Mengendarai mobil

Pelajari Dahulu Teorinya

Sebelum melangkah jauh hingga ke prakteknya, Anda harus mengawalinya dengan mempelajari teorinya dulu. Berikut adalah beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui:

  • Gas: memiliki fungsi untuk mempercepat atau memperlambat kendaraan ketika melaju.
  • Rem: Berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan mobil ketika melaju
  • Kopling: Adalah syarat sebelum memindahkan gigi dan berhenti. Kopling dilepas ketika mobil ingin melaju ketika sopir sudah menginjak pedal gas.

Cara Memegang Stir

Cara memegang stir yang benar adalah ujung tuas yang berbentuk benjolan tidak digenggam, melainkan dipegang menggunakan dua ruas jari telunjuk paling bawah dan tengah. Kemudian diapit oleh jari lain kanan kirinya tanpa perlu melakukan tekanan atau tarikan. Tangan harus rileks dan tidak boleh kaku.

Cara Pegang Tuas Perseneling dan Memindahkan Gigi

Ketika Anda memindahkan gigi, rasakanlah desakan dan pastikan berbunyi ‘klek’. Saat Anda mengemudi, harus bisa melakukan hal ini secara reflek. Hafalkanlah posisi masing-masing giginya karena ketika menyetir Anda tidak boleh melirik tuas ataupun panel-panel lainnya. Pengemudi harus terus fokus melihat jalan di depan serta mengatur jarak di sisi kanan dan kiri mobil.

Cara Praktek Mengemudi

Mulailah dengan posisi netral dari perseneling supaya mobil tidak loncat. Hidupkan mesin, injak kopling, lalu masukan perseneling ke posisi 1. Kemudian kaki kanan menghimpit gas sampai suara terdengar suara mesin meningkat. Lepas kopling pelan-pelan tanpa menaikan gas. Maka Anda akan merasakan mobil mulai melaju. Jika sudah begini, Anda bisa lepas kopling lalu menambah gasnya lagi secara bertahap.

Cara Mengoper Perseneling

Dalam mengendarai mobil, untuk mengoper perseneling, prisnipnya persis seperti melakukan start tad. Namun bedanya terletak pada pergeserannya. Tekan kopling, tuas perseneling dipindahkan, lalu kopling diangkat secara cepat (jangan pelan-pelan).

Cara Berhenti

Cara menghentikan mobil ketika Anda baru mulai mengendarainya adalah dengan cara menghimpit koping, lepas gas kemudian kaki kanan pindahkan ke pedal rem. Injaklah pedal rem secara perlahan supaya laju kendaraan semakin berkurang. Jangan pernah menghimpat pedal rem dengan mendadak karena hal ini sangat berisiko.

Tips Sebelum Belajar Mengemudi

Ketika Anda belajar mengendarai mobil, maka harus mengerti terlebih dahulu cara menjaga jarak guna menghindari tabrakan dengan pengguna atau benda lain. Awali belajar praktek Anda dengan mengatur laju kendaraan dengan baik dan stabil, serta pelajari dan pahami juga cara memperlambat kendaraan,

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips dan Panduan Belajar Mengendarai mobil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*