Tips Cerdas Membeli Mobil Antik Agar Memperoleh yang Diharapkan

Sebagian orang lebih tertarik untuk memiliki mobil antik entah untuk dipergunakan sehari-hari atau mungkin sekedar untuk melengkapi koleksi. Mobil dikatakan antik apabila merupakan desain lawas dan semakin menarik jika memang modelnya unik serta diproduksi dalam jumlah yang minim oleh pabriknya. Tidak semua motor tua bisa dikatakan antik, sebab motor ini perlu memiliki usia melebihi satu dekade atau bahkan lebih dan dalam kondisi yang baik. Meskipun beberapa kolektor membelinya dalam kondisi rongsokan lalu dirombak agar kinclong kembali.

Tips Tepat Membeli Mobil yang Terbilang Antik

Kondisi apapun dari mobil produksi lawas tentu akan diterima oleh kolektor, namun jika memang berencana memiliki mobil yang waras. Maka simak beberapa tips berikut agar tidak hanya bisa di parkir di garasi rumah:

  • Cek kondisi fisiknya dulu,

Langkah pertama setiap kali membeli mobil ataupun kendaraan jenis lainnya adalah mengecek kondisi fisiknya. Sebab bagaimanapun juga penampilan fisik yang menarik akan membuat mobil tersebut enak dipandang sekaligus tidak perlu melakukan perbaikan di fisik. Maka pastikan dulu apakah Anda menyukai tampilan fisiknya atau tidak sebelum dibeli.

  • Cobalah dulu apakah sesuai keinginan atau tidak,

Jika menghendaki kepemilikan mobil antik yang masih bisa beroperasi maka penting sekali untuk memilih yang bisa berjalan dengan baik. tentunya perlu dicoba dulu untuk memastikan apakah mesinnya dalam kondisi prima atau tidak sehingga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sebab tidak menutup kemungkinan nantinya Anda akan bergabung dengan komunitas yang sama-sama berisi pecinta mobil produksi lawas dan melakukan touring. Sehingga pastikan mobil bisa berjalan atau jika rusak bisa diperbaiki segera.

Baca Juga: Cara Membuat Performa Mobil Antik Agar Tidak Kalah dengan Mobil Baru

  • Membelinya dari pihak terpercaya,

Belanja mobil lawas tentu akan lebih aman jika dari orang dekat sendiri, sebab resiko ditipu oleh orang sendiri sangat kecil. Kalaupun ada tentunya bisa diselesaikan secara kekeluargaan misalnya dibantu biaya perbaikannya atau seperti apa penyelesaiannya. Usahakan untuk memilih penjual terpercaya agar terhindar dari masalah sebab yang namanya mobil tua tentu ada saja keluhan yang akan muncul. Sebaik apapun kondisinya tentu ada beberapa kekurangan, tentunya perlu dimaklumi asalkan tidak terlalu parah dan penjual obral janji.

  • Sesuaikan harga dengan kondisi ketika dibeli,

Menawar harga bisa menjadi solusi untuk menghindari mengeluarkan anggaran yang lebih besar dari seharusnya. Anda perlu menawar secara relevan dengan melihat kondisi dari mobil tua tersebut apakah memang masih dalam kondisi baik atau sebaliknya. Tentu istilah ‘kondisi baik’ ini berbeda ketika membeli mobil keluaran terbaru, dimana onderdilnya masih banyak yang original sekaligus tampilan fisiknya tidak terlalu buruk. Pilih mobil antik yang keberadaan karatnya sendiri tidak terlalu banyak sehingga kerusakan parah bisa dihindari sejak awal.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Cerdas Membeli Mobil Antik Agar Memperoleh yang Diharapkan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*