Tips Bersihkan Helm Full Face yang Bau Karena Debu Serta Keringat

Helm full face yang digunakan setiap hari tentu saja akan lekas kotor dan bau. Keringat berasal dari kepala bisa mencemari helm yang digunakan sehari-hari. Belum lagi bila menggunakan pomade. Sudah pasti bagian dalam helm menjadi semakin lengket serta cepat berbau. Walaupun sudah keramas namun rambut bisa menjadi bau saat menggunakan helm kotor. Tetapi, Anda tidak perlu cemas karena helm dapat dicuci sendiri untuk menghilangkan kotoran dan bau yang menempel bagian dalamnya.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan helm bau. Pertama, siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pembersihan helm, sebelum masuk ke pembersihan helm, pastikan Anda telah menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk membersihkan helm. Sediakan 2 buah ember yang berisi air bersih serta air sabun di dalamnya. Kemudian, siapkan sabun yang digunakan untuk mencuci helm. Anda dapat menggunakan deterjen cair. Jangan lupa sediakan lap microfiber serta air hangat untuk pencucian helm. Jika perlu, sediakan sikat gigi bekas untuk penggosokan helm. Bila semua sudah tersedia, bawa helm ke kamar mandi.

Kedua, lepas seluruh bagian helm full face dan rendam semua komponen. Helm tidak dicuci dengan keadaan yang utuh, namun Anda harus melepaskan komponen helm terlebih dulu agar bisa memilih bagian yang bisa dicuci dengan menggunakan air sabun. Bantalan kepala merupakan bagian yang penting di cuci. Anda juga harus melepas bagian pipi, dan kaca helm. Setelah itu Anda bisa melakukan perendaman di dalam air sabun. Agar bisa menghilangkan minyak yang tertempel di bagian helm, siapkan air hangat serta sabun yang digunakan untuk merendam bagian dalamnya. Semua komponen masuk dalam larutan sabun.

Ketiga, bersihkan lubang angin di helm. Apakah Anda pernah memperhatikan jika setiap helm memiliki lubang angin? Lubang dibuat bukan tanpa sebab, namun lubang dibuat untuk lebih memperlancar sirkulasi udara. Saat menggunakan helm, kepala bisa menjadi terasa panas serta berkeringat lebih banyak. fungsi dari lubang helm agar bisa membuat kepala tidak terlalu panas. Untuk membersihkan lubang angin, caranya dengan menggunakan kuas untuk menyapu kotoran dan debu di lubang angin. Jika tidak dibersihkan, sirkulasi udara tidak bisa dengan bebas masuk.

Terakhir, cuci seluruh komponen helm full face dan rendam di dalam pewangi. Sesudah melalui proses perendaman selama kurang lebih 30 menit, Anda harus melanjutkan kegiatan dengan mencuci bagian dalam helm tadi. Cuci dengan menggosok dan meremas-remas. Jika perlu, tuang shampo bayi serta deterjen ke busa. Setelah pencucian selesai, Anda bisa melakukan perendaman bantalan ke pewangi. Dengan merendam bantalan ke pewangi, nantinya keharuman di helm menjadi tahan lama dan awet. Anda tidak perlu merendamnya terlalu lama, cukup rendam selama 15 menit dan jemur helm.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Bersihkan Helm Full Face yang Bau Karena Debu Serta Keringat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*