Tips Aman Naik Mobil yang Sesuai Standar Keamanan yang Berlaku

naik mobil

Keamanan adalah suatu kebutuhan pasti bagi semua orang, tidak terkecuali keamanan dalam berkendara di jalanan. Sekalipun menggunakan mobil, menjaga keamanan selama berkendara di jalanan adalah hal yang utama, mengingat banyaknya jumlah kecelakaan yang melibatkan mobil. Untuk itu memang diperlukan tips aman naik mobil sehingga dapat mencegah terjadinya hal buruk selama perjalanan naik mobil. Tips menjaga keamanan ini bukan hanya dilakukan pada saat mengendarai mobil namun juga dilakukan pada saat sebelum melakukan perjalanan menggunakan mobil. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi sesuatu hal yang mengganggu selama perjalanan baik itu kehabisan bahan bakar, ban kempes apalagi kecelakaan.

Baca Juga : Jurus jitu membeli mobil baru

Selalu menjaga keamanan atau memastikan keamanan berkendara dengan mobil bukan hanya dilakukan pada saat sedang berkendara, namun juga harus dilakukan pada saat sebelum berkendara. Hal ini dilakukan agar pada saat berkendara tidak ada sesuatu hal yang terjadi, yang sama sekali tidak kita inginkan pada saat sedang berkendara seperti memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Cek tekanan pada roda

Tekanan angin pada roda atau ban harus dicek terlebih dahulu sebelum mobil dikendarai.

  • Cek bahan bakar

Bahan bakar menjadi sumber tenaga utama dari setiap mesin, sehingga pastikan tidak kehabisan.

Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi dari ban, baik itu tekanan anginnya maupun halus tidaknya permukaan ban yang digunakan. Dengan melakukan hal ini, maka setidaknya dapat menghindari kebocoran atau pecah ban pada saat berkendara. Begitu juga dengan bahan bakar, tentunya Anda tidak mau kehabisan bahan bakar pada saat sedang berkendara menggunakan mobil.

Kedua hal di atas tersebut memang sangat perlu dilakukan setiap harinya terutama sebelum Anda berkendara menggunakan mobil, paling tidak itu sudah mengurangi terjadinya masalah pada saat berkendara mobil. Memastikan berkendara dengan aman juga harus diperhatikan. Untuk itu perlu diperhatikan tips aman naik mobil yang harus dilakukan pada saat sedang berkendara menggunakan mobil adalah sebagai berikut:

  • Gunakan sabuk pengaman

Menjaga posisi duduk jika terjadi kecelakaan agar tidak terlempar keluar.

  • Kecepatan normal

Berkendara pada kecepatan normal sesuai rambu antara 40 hingga 60 km per jam.

Harus selalu menggunakan sabuk pengaman adalah hal yang sangat penting dilakukan, selain sebagai tindakan pencegahan, hal ini juga termasuk dalam standar berkendara dengan mobil yang ditetapkan oleh pihak kepolisian. Sehingga hal tersebut sangat perlu untuk dilakukan, selain itu, berkendara dengan kecepatan normal juga akan menghindari dari terjadinya kecelakaan. Yaitu dengan tidak mengendarai mobil dengan kecepatan yang melebihi aturan terutama di jalanan yang padat.

Beberapa hal lainnya yang juga harus dilakukan agar dapat memastikan keamanan dalam berkendara menggunakan mobil baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang secara bersamaan melintas di jalan yang sama. Hal ini tentu saja sangat perlu untuk ditekankan kepada semua orang, sehingga mereka yang sedang ada di jalan saling memastikan keselamatan dalam berkendara dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Mematuhi rambu lalu lintas

Rambu merupakan peringatan yang dipasang di sepanjang jalan dan harus selalu untuk diperhatikan pengemudi.

  • Gunakan maps

Membantu menemukan alamat tujuan tanpa resiko tersesat.

Baca Juga : Cara menyetir mobil agar cepat mahir

Kewajiban mematuhi lalu lintas adalah hal utama yang harus dilakukan, karena dengan mematuhi lalu lintas, setidaknya akan menghindari terjadinya kecelakaan. Karena memang banyak kejadian kecelakaan yang berawal dari pelanggaran lalu lintas. Sedangkan tips aman naik mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan maps agar Anda selamat dan tidak salah jalur pada saat sedang berkendara menggunakan mobil.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Aman Naik Mobil yang Sesuai Standar Keamanan yang Berlaku"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*