Tips Aman Mengendarai Mobil Sedan Agar Bumper Tidak Lecet

Tips Aman Mengendarai Mobil Sedan Agar Bumper Tidak Lecet

Jika berbicara tentang mobil sedan, kebanyakan dari kita akan membayangkan mobil yang mewah dan juga mobil yang memiliki bumper cenderung mepet dengan jalan raya. Hal ini tentunya membuat para pengemudi sedan harus ekstra hati-hati agar bumpernya tidak mentok saat berkendara. Karena apabila sudah mentok bisa lecet ataupun baret. Oleh karena itu, simak tips aman mengendarai mobil jenis sedan agar bumber tidak penyok.

Tips Aman Mengendarai Mobil Sedan Agar Bumper Tidak Lecet

  1. Memperlambat Kecepatan Saat Kondisi Tertentu

Tips aman pertama yang harus Anda lakukan saat mengendarai mobil sedan adalah mengurangi kecepatan pada kondisi tertentu, seperti saat terjebak macet, melalui jalanan tidak rata atau bahkan jalanan berlobang. Untuk mengurangi risiko mobil Anda lecet akibat bumper yang mentok, ada baiknya Anda memperlambat laju kendaraan dan mengendarai mobil dengan tidak kebut-kebutan.

  1. Lakukan Pengecekan Pada Bumper

Sebelum Anda keluar dan berkemudi, khususnya saat melakukan perjalanan yang cukup jauh, perkirakan apakah Anda akan melalui jalan yang kondisinya menantang. Sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya Anda memastikan dulu semua sekrup-sekrup pada bumper mobil Anda tidak kendor. Hal ini dilakukan agar nanti pada saat melalui jalanan yang medannya tidak rata, bumper mobil anda tidak goyang akibat baut yang longgar.

  1. Gunakan Teknik Mengendara yang Halus (Sabar)

Untuk menjaga kondisi bumper mobil sedan Anda dari lecet adalah menggunakan teknik mengendara yang halus agar bumper tidak sampai mentok ke tanah, khususnya pada saat melalui jalanan yang rentan dengan polisi tidur. Pastikan untuk menjaga kestabilan laju kendaraan Anda jika menemui jalanan yang tidak rata dan memiliki banyak rintangan, seperti polisi tidur atau pun jalanan berbatu.

  1. Hindari Pengurangan Tinggi Bumper Di bawah Standar

Kebanyakan dari pencinta otomotif hobi memodifikasi mobil mereka dengan mengurangi ketinggian bumper. Untuk Anda yang memiliki mobil sedan, jangan pernah mencoba hal ini, karena akan mengakibatkan posisi bumper jauh lebih rendah dari yang seharusnya. Padahal perusahaan produsen mobil telah memperhitungkan ketinggian bumper secara detail, jadi jika Anda mengubahnya, maka reiiko bumper mobil yang mentok menjadi sulit dihindari.

Memodifikasi memang sudah menjadi kesenangan pencinta otomotif, namun bukan asal memodifikasi. Anda harus tahu betul cara memodifikasi mobil yang baik demi keselamatan dan tidak hanya sekedar unjuk gaya saja. Kebanyakan pengemudi baru akan merawat bumper mobil mereka pada saat kerusakan atau lecet  sudah terjadi. Dan parahnya lagi, pemilik kendaraan enggan melakukan pengecekan serta perawatan secara rutin jika tidak mengalami kerusakan yang fatal. Masalah sepele seperti inilah yang membuat bumper mobil sedan Anda tidak bertahan lama. Belum lagi jika cara mengemudi Anda yang ugal-ugalan pada saat melalui jalan dengan kondisi tertentu.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tips Aman Mengendarai Mobil Sedan Agar Bumper Tidak Lecet"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*