Ternyata Ini Pentingnya Menggunakan Winglet Pada Motogp

Winglet yang ada pada motoGP adalah sayap kecil yang menempel pada fairing motor. Winglet pertama kali di gunakan oleh tim Yamaha dimana para era 500cc dua tak. Akan tetapi pada saat menggunakan dulu hasil yang di dapat tidaklah signifikan, sehingga dalam pengembangan winglet pun diberhentikan dan kembali lagi dengan fairing biasa yang digunakan pada umumnya.

Penggunaan Winglet pun dimulai pada tahun 2010, dan penggunaan winglet yang paling terlihat adalah pada tahun 2015 yang telah dipasangkan pada motor Desmosedisi GP15. Dan dengan hal tersebut, motor Yamaha, Suzuki serta Honda pun juga mengikutinya. Winglet di gunakan untuk dapat mengurangi resiko wheelie pada ban motor serta memiliki kekuatan yang cukup pada saat menghadapi tikungan. Winglet dapat digunakan juga sebagai pengontrol motor, karena Winglet tak hanya berguna pada lintasan saja.

Selain hal di atas, Winglet pun dapat membantu pengendara dalam meningkatkan nilai aerodinamis pada tunggangan pembalap serta dapat mengontrol kecepatan, sehingga dapat menurunkan kejadian wheelie sekaligus dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri bagi pembalap agar dapat full throttle pada saat keluar tikungan. Sehingga, penggunaan Winglet pada motoGP cukup ekstrim yaitu 6 buah Winglet dan dengan dimensi yang cukup besar.

Baca Juga:Berita Otomotif Terbaru, Inilah Pembalap MOTOGP Terkaya di Dunia Saat Ini, 2016

Valentino Rossi pun juga mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai sayap kecil tersebut, karena menurutnya Winglet sering menimbulkan turbulensi pada saat kecepatan tinggi. Dan pada saat motor mengekor pun juga akan kehilangan dalam hal keseimbangan. Akan tetapi dengan hal tersebut, Valentino Rossi pun pada akhirnya juga menggunakan sayap kecil tersebut, dan hal tersebut sudah memberikan bukti dengan ia dapat meraih pole position dan juga juara di jerez. Sehingga Honda tidak lah perlu merasa sungkan lagi untuk dapat memasang Winglet, dan tidaklah tanggung-tanggung, winglet yang di gunakan pun langsung 6 sayap sekaligus dan kenyataan yang terjadi, Marquez lah yang menjadi yang tercepat.

Winglet yang di gunakan pada motoGP pun dapat memberikan efek gaya pada tekanan ke bawah yang ada pada ban depan, sehingga dapat meningkatkan traksi. Meskipun sayap kecil tersebut memanglah sangat penting untuk di gunakan, akan tetapi pada dasarnya, semua itu tergantung pada sistem kinerja motor yang dikendarainya serta tergantung pada pengendara lah yang dapat mengontrol nya. Akan tetapi ada pada bagian komponen yang menempel body atau fairing yang tidak terintegrasi dengan body atau garis yaitu, sirip, sayap, tonjolan, dan juga yang lainnya yang memiliki efek dalam menambah daya tekan serta mengubah arah angin, sehingga hal itulah yang tidak di perbolehkan. Sehingga pemakaian Winglet pun juga disesuaikan pada jenis motor nya dan juga para pengendaranya.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Ternyata Ini Pentingnya Menggunakan Winglet Pada Motogp"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*