Ternyata Begini Cara Tepat Merawat Motor Agar Tetap Prima

Ternyata Begini Cara Tepat Merawat Motor Agar Tetap Prima

Memiliki kendaraan bermotor memang menjadi hal yang sangatlah wajar, sedangkan hal yang paling penting adalah perawatan rutin untuk memaksimalkan umur kendaraan dan meminimalkan jumlah masalah yang ditimbulkannya kepada Anda. Meskipun kiat perawatan praktis kami akan membantu Anda menjaga sepeda Anda tetap sehat, ingat bahwa itu juga perlu pemeriksaan rutin (yaitu tahunan) dengan mekanik profesional. Merawat motor dapat dilakukan dengan cara yang sangatlah mudah asalkan Anda mengetahui caranya.

Ternyata Begini Cara Tepat Merawat Motor Agar Tetap Prima

Anda sebagai pemilik kendaraan sangat penting untuk melakukan perawatan pada kendaraan secara teratur. Jika Anda melakukan perawatan kendaraan secara teratur, maka Anda pun tidak akan merasakan kerusakan pada kendaraan Anda. Terlebih lagi untuk Anda yang sering kali menggunakan sepeda motor setiap harinya, maka Anda pun haruslah mengimbanginya dengan melakukan perawatan.

Untuk melakukan perawatan pada kendaraan bermotor pun tidak harus mengandalkan bengkel langganan Anda, akan tetapi Anda dapat melakukan perawatannya di rumah Anda sendiri. Bagi Anda yang belum mengetahui tatacara dalam melakukan perawatan pada kendaraan bermotor, maka Anda dapat untuk mengetahuinya melalui beberapa tips yang ada di bawah ini.

Berikut ini tips merawat motor, yaitu:

  • Ambil langkah untuk mengembangkan pengetahuan sepeda motor Anda.

Semakin banyak yang Anda ketahui tentang sepeda Anda, maka Anda akan lebih mudah untuk memahami potensi masalah dan mendiagnosis masalah. Luangkan waktu untuk membaca manual pemilik sepeda Anda. Setiap sedikit informasi dapat membantu Anda.

  • Ganti oleh secara rutin.

Sepeda motor benar-benar membutuhkan penggantian oli secara teratur. Persyaratan model tertentu bervariasi, tetapi sebagai aturan praktis, Anda dapat mengharapkan untuk membutuhkan penggantian oli setiap 3.000 hingga 6.000 mil (5.000 hingga 10.000 km).

  • Jaga bantalan rem.

Anda harus memeriksa bantalan Anda setiap 6.000 hingga 9.000 mil (10.000 hingga 15.000 km). Memakai rem akan tergantung pada kebiasaan mengemudi Anda dan lingkungan Anda. Di area yang menantang Anda dengan banyak lereng dan sering memulai dan berhenti, maka bantalan rem Anda akan lebih cepat habis.

  • Bersihkan filter udara secara teratur.

Untuk menjaga sepeda Anda dalam kondisi prima, Anda perlu membersihkan filter udara setiap 6.000 mil (10.000 km). Filter udara melakukan pekerjaan penting, melindungi bagian internal mesin yang lebih halus dari debu di udara dan partikel lain yang dapat merusaknya. Jika Anda berkendara di lingkungan yang sangat berdebu, Anda mungkin perlu membersihkan filter udara Anda setiap minggu.

Itulah langkah sederhana yang dapat untuk Anda lakukan dalam merawat motor dengan cara yang sangatlah mudah dan Anda pun juga tidak perlu lagi pergi ke bengkel untuk melakukan perawatannya, karena Anda masih bisa melakukan perawatan hanya dengan di rumah. Asalkan Anda melakukan perawatan dengan cara yang tepat dan benar, maka kendaraan Anda pun dapat terjaga dengan baik.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Ternyata Begini Cara Tepat Merawat Motor Agar Tetap Prima"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*