Tehnik Merawat dan Membersihkan Karburator Sendiri

Memiliki sebuah motor manual memang merupakan kelebihan tersendiri terutama bagi mereka yang mengerti soal mesin. Kelebihannya adalah bisa melakukan perawatan yang diperlukan sendiri tanpa harus menitipkan motor ke bengkel karena cara membuka dan memasang kembali spare part motor bisa dilakukan dengan mudah. salah satu komponen motor yang sering mengalami masalah adalah bagian karburator. Bagian ini merupakan bagian yang menghubungkan tangki bahan bakar dengan mesin sehingga jika terjadi masalah, motor bisa macet atau tidak mau di hidupkan lagi.

Masalah pada saluran ini umumnya dikarenakan sumbatan atau air. Pada saluran yang kotor akibat debu yang ikut masuk, mengakibatkan bahan bakar tersendat sehingga tidak dapat dialirkan ke bagian mesin. Air yang ikut masuk ke saluran juga mengakibatkan mesin justru dialiri oleh air dan bukannya bahan bakar sehingga tidak bisa dihidupkan. Masalah-masalah tersebut bisa diatasi bagi Anda yang memiliki keahlian untuk membongkar mesin ini. Namun jika tidak, maka Anda bisa mencegah hal tersebut terjadi dengan melakukan perawatan sebagai berikut:

  • Bersihkan motor Anda secara rutin dengan pencucian basah.

Mencuci motor memang menjadi perawatan yang paling mudah dilakukan. Dengan mencuci motor, debu yang menempel bisa dihilangkan begitu juga dengan tanah yang melekat. Jika Anda membiarkan motor dalam keadaan kotor terlalu lama maka bisa jadi debu dan tanah akan masuk ke bagian dalam termasuk bagian karburator yang mengakibatkan mesin macet.

  • Menyemprot motor dengan angin.

Memiliki kompresor juga bisa dimanfaatkan untuk menghalau debu dari motor Anda. Lakukan setelah Anda menggunakan motor untuk hasil yang maksimal.

  • Hindari jalanan yang tergenang.

Masuknya air juga bisa disebabkan karena adanya bagian motor yang bocor dan ketika Anda berjalan di genangan, air masuk dan bercampur dengan bahan bakar. Jika hal tersebut terjadi, anda harus mengganti bahan bakar tersebut agar mesin kembali bisa dihidupkan.

 Baca Juga: Merawat Sepeda Motor Touring

  • Gunakan bahan bakar asli.

Menggunakan bahan bakar campuran juga bisa menjadi penyebab rusak atau kotornya saluran ini. Karenanya sebaiknya Anda membeli bahan bakar asli di Pertamina atau di pom mini yang terpercaya. Jika perlu gunakan bahan bakar yang mengalami penyaringan ganda sehingga lebih bersih dan berkualitas.

Cara perawatan karburator di atas bisa dilakukan untuk mencegah saluran tersebut cepat mengalami kerusakan atau kotor di bagian dalamnya. Tetapi jika Anda sudah merawat motor dengan benar dan masih mengalami masalah di bagian yang sama, Anda bisa membawa motor ke bengkel yang terpercaya untuk dibongkar dan dibersihkan. Atau Anda juga bisa meminta tolong teman yang bisa membongkar dan membersihkan mesin ini dengan kuas atau semprotan angin. Jangan lupa untuk memastikan saluran ini terpasang dengan benar untuk menghindari tetesan bensin yang bisa membahayakan.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Tehnik Merawat dan Membersihkan Karburator Sendiri"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*