Sudah Tahu? Ini Cara Cek Pajak Motor Secara Online

Setelah berhasil menemukan prosedur cara balik nama motor yang tepat dari tautan https://review.bukalapak.com/auto/cara-balik-nama-motor-ini-syarat-dan-biaya-yang-harus-dikeluarkan-67059, Pamelo yang baru saja membeli motor dari seorang teman beralih sibuk mencari tahu perihal cara cek pajak motor. Tentu, Pamelo paham bahwa sebagai pemilik kendaraan bermotor, ia kini memiliki kewajiban yang harus dipenuhi. Yup! Setiap kendaraan bermotor memang dikenai pajak dengan besaran tertentu sebagaimana telah diatur dalam undang-undang.

Usai googling sambil asyik mendengarkan lagu “Love Shot” favoritnya, Pamelo kini tahu bahwa setiap pemilik kendaraan bermotor wajib membayar dua jenis pajak, yakni pajak tahunan yang harus dibayarkan setiap setahun sekali dan pajak yang dibayarkan setiap 5 tahun sekali. Pajak 5 tahunan ditandai dengan adanya pergantian pelat nomor kendaraan serta STNK. Pamelo jelas tidak mempermasalahkan hal itu.

Masalahnya, Pamelo punya trauma dengan Samsat. Itulah sebabnya ia tidak pernah mau membeli kendaraan bermotor selama ini. Ia enggan mengunjungi Samsat sekaligus enggan membuat SIM. Setelah temannya membujuknya selama lebih dari setengah bulan, ia akhirnya mau membeli motor dari temannya itu dengan alasan yang ia simpan sendiri dalam hati.

“Asa!” Kata Pamelo mengepalkan tangan, sedikit kegirangan. Rupanya, Pamelo baru saja tahu bahwa ia bisa membayar pajak motornya secara online. Jelas, dengan begitu, Pamelo tidak perlu bolak-balik mengunjungi samsat setiap tahun. Mata Pamelo kini serius memperhatikan cara mengecek sekaligus membayar pajak motor secara online.

Pertama, silakan kunjungi ATM terdekat. Kedua, seperti biasa, lanjutkan transaksi di ATM dengan memilih menu Bayar, kemudian tekan Menu Lainnya. Ketiga, pilih menu Pajak atau Penerimaan Negara. Keempat, pilih menu selanjutnya, yakni e-Samsat. Kelima, masukkan nomor polisi dari kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya. Keenam, lakukan pembayaran pajak sesuai dengan nominal yang tertera. Ketujuh, simpan struk pembayaran pajak yang keluar dari mesin ATM. Struk tersebut dapat ditunjukkan jika sewaktu-waktu diperlukan bukti pembayaran.”

Wah, Pamelo benar-benar terpesona dengan kecanggihan teknologi saat ini. Seiring dengan kemajuan zaman, segala sesuatu bisa dilakukan dengan praktis. Tak hanya pembayaran pajak motor, pembayaran PKB pun ternyata bisa dilakukan secara online melalui situs e-Samsat. Sekali lagi, Pamelo memperhatikan baik-baik huruf demi huruf yang muncul di layar ponselnya. Ia membaca pelan dalam hati: “Berikut adalah langkah pembayaran PKB melalui Situs e-Samsat.”

Pertama, pastikan Anda memiliki koneksi internet. Kemudian, akses portal e-Samsat. Kedua, masukkan kode dan dapatkan konversi nomor polisi dari kendaraan bermotor Anda. Ketiga, bayarkan tagihan Anda melalui ATM. Keempat, lakukan langkah pembayaran sebagaimana saat Anda membayar pajak melalui ATM. Terakhir, simpan struk pembayaran pajak Anda. Struk dapat menjadi bukti pembayaran yang sah.”

Thanks, God,” batin Pamelo mengucapkan terima kasih. Memang, selama ini ia tidak pernah tertarik mengecek perkembangan soal kendaraan bermotor, apalagi soal cara membayar pajak motor. Sebelum pindah rumah ke lokasi dekat kantor, perempuan penggila kerja itu bahkan berangkat kerja setiap hari menggunakan sepeda. Ia benar-benar anti dengan kendaraan bermotor, apalagi Samsat. Ia benar-benar tidak tahu mengapa sekarang ia mau membeli sepeda motor itu dari temannya.

Yup! Itu hanya cerita Pamelo yang sedang merasa diuntungkan dengan adanya aplikasi e-Samsat. Namun, terlepas dari alasan pribadi Pamelo, aplikasi e-Samsat memang menguntungkan bagi banyak orang. Dengan adanya aplikasi tersebut, prosedur pelayanan pembayaran pajak menjadi lebih sederhana, cepat, aman, dan efisien. Bagaimana? Tertarik membayar pajak melalui aplikasi e-Samsat juga?

Sumber gambar: bisnis.liputan6.com

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Sudah Tahu? Ini Cara Cek Pajak Motor Secara Online"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*