Simak Cara Tepat Merawat Knalpot Motor Anda

Knalpot pada sepeda motor termasuk ke dalam komponen yang punya peran vital, maka tidak salah kalau Anda memberikan perhatian lebih. Umumnya keluhan terhadap knalpot motor ini berupa adanya karat atau korosi pada mulut knalpot tersebut. Karat ini aslinya bisa dicegah asalkan Anda paham bagaimana merawat knalpot dengan baik. Perawatan ini sama pentingnya dengan merawat bagian mesin motor lainnya karena tanpa knalpot tidak akan berjalan dengan baik. Sebab komponen ini berperan penting dalam sistem pembuangan hasil pembakaran mesin.

Cara Tepat Merawat Knalpot Sepeda Motor

Beberapa orang memutuskan untuk melakukan modifikasi pada knalpot untuk menghasilkan suara atau tarikan lebih kencang. Namun jangan lupa dirawat dengan baik agar motor awet dan nyaman dikendarai, berikut cara merawatnya:

  • Rajin menjaga kebersihan knalpot,

Karat pada knalpot baik di bagian mulut maupun di bagian dalam seringnya disebabkan oleh penumpukan kotoran. Baik berupa lumpur atau kotoran jenis lainnya dan penumpukan semakin padat tatkala memasuki musim penghujan. Maka cegah korosi dan bentuk kerusakan lain pada knalpot dengan rajin membersihkannya, seperti mencuci motor biasa.

  • Memberikan cairan pelumas pada mulut knalpot,

Sebelum motor dipakai beraktivitas di pagi hari biasanya akan dipanaskan dulu mesinnya selama beberapa menit. Sebelum proses ini terjadi baiknya tuangkan sekitar 1-2 sendok oli atau pelumas mesin yang Anda pakai ke dalam mulut knalpot tersebut. Tujuannya tentu saja untuk membersihkan kotoran berupa lumpur ataupun sisa pembakaran mesin yang ternyata terkumpul di bagian leher knalpot motor. Ketika dipanaskan maka oli ini akan ikut keluar bersamaan dengan kotoran yang menyumbat di leher knalpot tersebut.

  • Mengecek dranase knalpot secara teratur,

Knalpot pada semua kendaraan, baik motor maupun mobil, biasanya memiliki dranase yakni sebuah lubang kecil di bagian atas knalpot dekat dengan leher. Dranase atau lubang kecil ini berfungsi untuk membuang cairan yang masuk atau dihasilkan saat proses pembakaran terjadi. Cairan ini akan keluar secara perlahan, sayangnya lubang dranase ternyata mudah tersumbat dan efeknya bisa membuat knalpot tersebut soak. Maka cek agar bebas dari sumbatan dengan memasukan lidi ke dalam lubang dranase tersebut.

Merawat knalpot dengan teliti akan membantu menjadikannya lebih awet dan sistem pembuangan berjalan baik. Efeknya tentu saja mesin menjadi bekerja lebih optimal tidak mudah panas serta tidak menimbulkan suara yang terlalu berisik. Maka penting sekali untuk mengecek kondisi knalpot secara berkala, kalau memang kurang paham mintalah mekanik di bengkel untuk melakukannya. Tidak perlu buru-buru ganti knalpot saat ditemukan kerusakan karena besar kemungkinan bisa ditangani oleh mekanik yang bersangkutan. Asalkan dirawat dengan benar maka knalpot motor pun awet tidak mudah berkarat pula.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Simak Cara Tepat Merawat Knalpot Motor Anda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*