Simak 4 Tips Ini Agar Tidak Salah Saat Memilih Busi Motor

Mesin pada motor terdiri atas banyak komponen, dan salah satunya adalah busi motor yang masuk ke dalam bagian sistem pengapian. Sistem pengapian ini memiliki peran vital dalam sebuah motor karena membuatnya bisa menyala dengan cepat atau malah mati mendadak di tengah jalan. Kalau motor susah di starter atau mungkin sering mogok berarti ada bagian pada sistem pengapian yang sudah error, dan bisa jadi kerusakan dialami oleh busi. Apalagi bagian busi ini memang paling sering rusak dan penting memilih yang bagus.

Tips Memilih Busi dengan Benar

Kualitas yang baik saja ternyata tidak cukup kalau tidak didukung oleh pemilihan busi yang sesuai dengan kondisi. Maka perhatikan beberapa hal ini agar tidak keliru lagi saat belanja busi tersebut:

  • Memperhatikan karakter lingkungan,

Dalam memilih busi yang ideal bagi mesin motor kesayangan maka perlu disesuaikan dengan iklim di tempat tinggal. Kalau memang lokasi tempat tinggal iklimnya sejuk maka hindari busi yang kurang maksimal dalam mengalirkan panas karena bisa mudah rusak. Busi panas sangat cocok untuk diambil supaya mesin motor tidak mudah mogok, dan leluasa diajak bepergian.

  • Menengok kapasitas silinder motor Anda,

Secara umum motor besar seperti motor sport dengan cc di atas 180 biasanya akan memakai busi panas. Tujuannya tentu saja untuk mengoptimalkan proses pengapian pada mesin motor supaya awet dan kecepatannya maksimal. Sesuaikan dengan kapasitas silinder dari motor yang dipakai, asalkan cc-nya di bawah 180 maka aman memakai busi dingin. Sementara kalau 180cc atau lebih maka pilih busi panas, sehingga busi motor tersebut awet dan sistem pengapian berjalan dengan maksimal.

Baca Juga:Tips Merawat Busi Motor Agar Tidak Cepat Mati

  • Menyesuaikan dengan perbandingan kompresi mesin motor,

Umumnya motor yang mesinnya masih bawaan pabrik, artinya mesin motor masih original belum mengalami modifikasi apapun. Maka kompresi motornya di bawah 10.5 sehingga aman-aman saja memakai busi panas. Busi panas ini akan membuat sistem pengapian lebih optimal, namun kalau dirombak sehingga kompresinya melebihi angka tersebut. Maka akan lebih aman jika memakai busi dengan kemampuan menghasilkan panas lebih tinggi, yakni busi dingin. Penyesuaian ini akan mendukung kinerja mesin semakin optimal sekaligus awet.

Busi yang tepat memang ditentukan dengan melihat karakter dari mesin motor Anda, jadi jangan sembarangan. Kalau mau langkah aman maka sesuaikan jenis busi yang diambil sesuai bawaan pabrik sehingga selamanya memakai busi jenis tersebut. Namun kalau malah dijumpai kerusakan karena memang tinggal di iklim yang berbeda dengan dimana motor tersebut dirakit. Barulah menggantinya dengan jenis yang lain, agar tidak salah mintalah bantuan mekanik berpengalaman. Kemudian tidak ada salahnya memilih merek busi motor yang dikenal bagus.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Simak 4 Tips Ini Agar Tidak Salah Saat Memilih Busi Motor"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*