Selain Harga Mobil, Cek Juga Hal-hal Berikut Sebelum Membeli Mobil Bekas

Kebutuhan akan transportasi yang memadai dibandingan menggunakan transportasi umum, kadang jadi alasan sebagian orang membeli kendaraan sendiri, seperti mobil. Jika belum bisa membeli mobil baru, mobil bekas biasanya jadi pilihan. Selain harga mobil, cek juga hal-hal berikut sebelum membeli mobil bekas.  

Tempat Pembelian

Saat ini ada banyak tempat yang menawarkan mobil bekas dengan harga dan kualitas bersaing. Anda bisa melakukan pembelian di showroom khusus dengan banyak pilihan mobil. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan mobil dengan membeli secara langsung pada orang yang memang menjual mobilnya. Jika membeli di showroom, cari informasi dan cek dulu tracklist tempat Anda akan membeli mobil.

Eksterior Mobil

Jika Anda telah menemukan mobil yang menarik, langkah berikutnya adalah pengecekan eksterior mobil. Lakukan pengecekan pada bagian yang pertama dilihat. Tanyakan pada penjual tentang riwayat mobil, apakah pernah masuk bengkel atau kecelakaan, yang berefek pada kondisi mobil.

Beberapa bagian luar mobil yang harus dicek adalah goresan pada bodi mobil, kondisi cat, kaca pada mobil, lampu mobil, keempat ban dan kalau perlu, cek langsung juga bagian bawah mobil.

Keadaan Mesin Mobil

Bagian penting yang butuh pengecekan khusus adalah mesin mobil. Perhatikan benar keadaan mesin. Coba nyalakan mesin mobil dan cermati juga suaranya. Kalau perlu lakukan tes drive sebelum Anda membelinya untuk memastikan semua komponen mesin masih berfungsi dengan baik, lancar dan tidak ada masalah.

Baca Juga:Review Mobil Bekas Toyota Soluna

Aksesoris dan Interior

Setelah mengecek bagian luar dan keadaan mesin, Anda juga perlu cek aksesoris dan interior mobil. Bagian yang perlu dicek seperti dashboard, AC, karpet, kualitas jok dan langit-langit mobil. Coba juga jok dan beragam fungsinya, kaca serta aksesoris seperti wiper, lampu, hazard, radio serta hal-hal lain yang dirasa penting.

Kelengkapan Surat-surat

Kelengkapan surat-surat kendaraan adalah hal wajib yang harus Anda perhatikan saat membeli mobil. Cek dan pastikan BPKB dan STNK mobil adalah asli. Cek juga kelengkapan surat-surat ini dengan nama asli pemiliknya. Jika urusan satu ini sudah beres, maka nantinya Anda akan lebih mudah jika harus melakukan kegiatan administrasi lainnya.

Cek Fisik

Untuk melakukan cek fisik, Anda bisa datang ke kantor samsat terdekat. Anda bisa juga memastikan keaslian informasi yang tertera pada BPKB dan STNK mobil. Cek fisik ini sendiri tentu dengan izin dari si pemilik. Jangan ragu untuk meminta cek fisik jika merasa perlu dan sudah yakin dengan mobil tersebut. Harga mobil Anda haruslah termasuk mendapatkan surat-suratnya.

Asuransi

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah asuransi mobil. Meski mobil yang Anda beli bukan baru, tidak ada salahnya Anda mengecek juga asuransi mobil tersebut. Jika mobil bekas yang akan Anda beli memiliki asuransi yang jelas dan terurus, tentu ini semakin membuat Anda yakin.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Selain Harga Mobil, Cek Juga Hal-hal Berikut Sebelum Membeli Mobil Bekas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*