Perlengkapan Motor Cross Dan Fungsinya

Seiring dengan perkembangan dunia otomotif khususnya roda dua (motor) diikuti pula dengan pertumbuhan aksesoris perlengkapan motor yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya melengkapi jas hujan saat musim hujan datang, menggunakan masker dsb.

Lalu bagaimana dengan perlengkapan khusus, misalnya perlengkapan saat mengendarai motor cross? Sama halnya dengan perlengkapan motor lainnya, saat menjelajah atau balapan menggunakan motor cross membutuhkan perlengkapan khusus agar terhindar dari resiko kecelakaan. Sebab saat balapan motor cross resikonya lebih besar dibandingkan dengan mengendarai motor biasa.

Jalanan yang licin akibat rumput, bebatuan atau tanjakan yang tidak rata bisa menyebabkan terjatuh atau meninggalkan cidera ringan, bahkan bisa saja mengalami cidera berat apabila tidak dilengkapi dengan perlengkapan. Seluruh bagian tubuh bisa saja mengalami cidera, seperti: kepala, dada, kaki, lutut, siku dan bagian tubuh lainnya. Agar terhindar dari cidera ada beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kaos Kaki Panjang

Langkah pertama yang harus disiapkan adalah kaos kaki panjang, fungsinya untuk melindungi bagian kaki dari cidera karena gesekan kaki dengan sepatu. selain itu kaos kaki membantu menyerap keringat sehingga kaki tetap nyaman.

Pelindung Lutut

Berikutnya siapkan pelindung lutut, biasanya terbuat dari plastic keras yang dilengkapi karet pengikat yang melingkar di seputar lutut. Fungsinya untuk melindungi lutut dari resiko cidera jika terjatuh.

Celana Khusus

Celana khusus untuk mengendarai motor cross celanan yang bahannya terbuat dari kanvas. Bahan tersebut memungkinkan udara keluar masuk, biasanya dilengkapi dengan bantalan yang terdapat disekitar lutut bagian dalam, paha luar dan pinggang. Biasanya celana ini tahan terhadap gesekan sehingga tidak mudah sobek.

Sepatu Booth

Harga sepatu khusus motor cross lumayan mahal, fungsinya untuk melindungikaki dari batu, tanah, nalpot, mesin motor dsb. Bahannya terbuat dari kulit, sekarang sudah ada sepatu yang terbuat dari bahan campuran sintesis. Saat menggunakan sepatu ini pastikan kunci pengaitnya sudah terpasang semua.

Sabuk Khusus

Sabuk atau belt motor cross khusus untuk melindungi perut dari goncangan yang keras.

Baju Khusus

Kaos khusus pengendara motor cross biasanya lengan panjang, sudah dilengkapi bantalan siku. Fungsinya untuk melindungi kulit tangan dan tubuh bagian atas.

Pelindung Siku

Gunakan pelindung siku agar bagian siku lengan terhindar dari cidera jika terjatuh.

Pelindung Dada

Pelindung dada biasanya terbuat dari plastic keras yang dilengkapi bantalan khusus di bagian-bagian tertentu. Fungsinya untuk melindungi tulang rusuk dan punggung bagian atas akibat benturan.

Helm

Perlengkapan yang satu ini sangat penting, fungsinya untuk melindungi kepala. Helm khusus motor cross sudah dilengkapi dengan visior yang fungsinya untuk melindungi wajah dan mata.

Selain perlengkapan motor untuk balapan cross yang sudah disebutkan, masih ada perlengkapan lainnya yang tidak kalah penting seperti: kaca mata khusus dan sarung tangan.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Perlengkapan Motor Cross Dan Fungsinya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*