Perlengkapan Mobil Yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan

Saat mengendari mobil diperlukan konsentrasi yang tinggi. karena jika tidak konsentrasi bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu saat mengendari kendaraan roda empat ini harus dilakukan dengan tepat. untuk kenyamanan dan keamanan selama perjalanan, tidak ada salahnya mempersiapkan perlengkapan mobil yang dianjurkan dibawa saat berkendaraan.

Ban Serep

Peralatan ban serep harus ada untuk berjaga-jaga jika ban mengalami kebocoran atau kempes saat sedang dalam perjalanan. Jadi, sebaiknya pastikan ban serep sudah berada ditempat yang disediakan sebelum melakukan perjalanan. Pastikan ban serep tersebut dalam kondisi yang baik. Selain itu siapkan juga perlengkapan ganti ban seperti: kunci roda, dongkrak dan segitiga pengaman.

Alat Pemadam Kebakaran/ Apar

Belakangan ini kita pernah membaca, melihat atau mendengar kabar mobil terbakar tanpa sebab saat berkendaraan. Oleh karena itu persiapkan kemungkinan terburuk dengan menyiapkan apar atau alat pemadam kebakaran untuk mobil. Mendapatkan apar bisa di toko akseosoris mobil. Pastikan kondisinya masih terjaga dengan baik.

Perlengkapan P3K

Perlengkapan mobil yang satu ini tidak boleh diabaikan. Namun sayangnya fungsi perlengkapan ini sering kali malah diabaikan dan dijadikan tempat untuk menyimpan obeng, kunci pas dsb. Padahal perlengkapan ini untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada waktu perjalanan, misalnya: luka karena kecelakaan.

Senter

Jika Anda akan melakukan perjalanan pada waktu malam hari, perlengkapan yang harus disiapkan adalah senter. Alat ini sangat dibutuhkan jika harus memperbaiki kendaraan, misalnya mengganti ban ditempat yang gelap. Sekarang fungsi senter sudah bisa digantikan dengan ponsel yang terdapat fitur LED.

Baca Juga: Harga Perlengkapan Mobil Terbaik dan Murah, Februari 2017

Kabel Jumper

Peralatan lainnya yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan adalah kabel jumper, fungsinya adalah untuk menyalurkan listrik ke mobil lain. Membawa alat ini bisa menjadi antisipasi jika mobil Anda mati mendadak.

Sekering

Bagaimana jika dalam perjalanan mobil Anda mengalami masalah konsleting. Apa yang harus Anda lakukan? Oleh sebab itu penting menyediakan sekering sebelum berkendaraan. Dengan alat tersebut membantu mengecek bagian mana yang mengalami konsleting. Jadi Anda bisa dengan mudah membeli komponen yang mengalami konsleting.

Cadangan Air Radiator

Sistem pendinginan mesin menjadi komponen yang sangat vital. Karena kita tidak pernah tahu apa masalah yang akan muncul, maka siapkan cadangan air radiator di dalam bagasi mobil Anda jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Lap Microfiber

Saat berkendaraan lap microfiber atau chamois sangat dibutuhkan, untuk mengantisipasi jika minuman atau makanan tumpah di dalam mobil. Selain itu lap bisa digunakan untuk membersihkan kotoran atau debu di dashboard, jok mobil dsb.

Itulah beberapa perlengkapan mobil yang wajib Anda persiapkan dan bawa saat melakukan perjalanan, apalagi perjalanannya jarak jauh. Walaupun tidak dibutuhkan,sebaiknya tetap dipersiapkan karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Perlengkapan Mobil Yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*