Perkembangan Sejarah Panjang Motor Vespa

Vespa pertama kali dirancang oleh insinyur penerbangan dan penemu Corradino D’Ascanio, dengan mesin pertama yang ditawarkan kepada publik pada tahun 1946; desain telah terdaftar di Departemen Perindustrian dan Perdagangan di Florence, Italia awal tahun itu. Nama motor Vespa diciptakan oleh Enrico Piaggio, yang, ketika itu melihat gambar prototipe MP6, menyatakan bahwa itu tampak seperti tawon (Vespa di Italia, atau Portugis, diterjemahkan menjadi WASP atau lebah).

Seluruh konsep untuk skuter telah dicoba selama Perang Dunia Kedua ketika pasukan terjun payung membutuhkan kendaraan ringan setelah mendarat. Tapi sebelum mesin bisa diproduksi dalam jumlah banyak, Sekutu malah membom pabrik. Produksi awal difokuskan pada van, trem, badan truk, kereta, rel dan akhirnya, pesawat terbang dan pesawat amfibi. Dari mesin aero 1500-hp dengan mesin 2-stroke 98-cc dengan sedikit lebih dari 3-hp adalah lompatan besar, tapi pengenalan skuter untuk dunia yang didominasi oleh sepeda motor adalah lompatan besar juga.

Konsep desain yang diambil dari pengalaman aeronautika Corradino diperpanjang ke garpu depan dan lokasi roda yang dilengkapi dengan banyak pesawat. Corradino juga ingin menjaga pengendara relatif bersih dan kering dan karena itu ia terintegrasi perisai kaki ke dalam desain nya Menariknya, bahwa Corradino D’Ascanio tidak menyukai sepeda motor desain nya, karena itu, didasarkan untuk sebagian besar pada pengalaman aeronautika dan dapat dilihat di banyak aspek dari skuter awal. Misalnya, sasis dan body vespa adalah satu unit piece seperti konsep pesawat dari pesawat terbang di mana barang-barang seperti sayap yang melekat. Dalam kasus skuter, chassis lembaran logam memiliki berbagai panel terpasang.

Meskipun diperbarui berkali-kali, konsep desain asli terlihat sepanjang sejarah Vespa Marque. ukuran mesin telah berubah beberapa kali,  terutama pada model motor vespa 1948 125 dan GS 150 1955. Dua gaya utama dapat “dilihat sepanjang rentang Vespa. PX (body besar) dan PK (body kecil) PX itu diperkenalkan pada tahun 1977 dan masih tersedia saat ini. Keberhasilan Italia dalam memproduksi kendaraan  massa yang di inginkan, atau dibutuhkan. Apakah itu untuk sebuah mesin komuter atau sebagai hanya penampilan gaya, membuat  skuter telah terbukti sangat populer dan dibanjiri penggemar di seluruh dunia yang menginginkan skuter ini berada di garasi rumah mereka.

Hari ini, minat motor vespa cukup tinggi. Harga yang  terjangkau dan relatif mudah untuk  dibawa kemana-mana dan saat bekerja sekalipun.  Dan meskipun sebagai investasi pemilik tidak mungkin untuk membuat keuntungan besar, mereka setidaknya dapat menikmati naik vespa dan menjadi bagian dari penting perjalanan panjang vespa. Dan sampai saat ini masih banyak para kolektor yang mencari vespa-vespa klasik,bukan hanya untuk dikendarai melainkan untuk investasi.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Perkembangan Sejarah Panjang Motor Vespa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*