Performa Mesin Diesel Pada Mobil Lebih Terjaga dengan 4 Perawatan Ini!

Performa Mesin Diesel Pada Mobil Lebih Terjaga dengan 4 Perawatan Ini!

Saat ini sudah semakin banyak pabrikan mobil yang menawarkan mesin diesel pada produknya sehingga membantu konsumen menghemat biaya operasional. Sebab tidak bisa dipungkiri penggunaan diesel pada mesin mobil membuat konsumsi bahan bakarnya lebih efisien. Ditambah ada berbagai kemudahan untuk menjaga kondisi sparepart mobil terjaga dengan baik sehingga tidak terlalu sering ganti onderdil mesin. Meski demikian perawatannya dituntut untuk lebih hati-hati sebab sekalinya rusak maka biaya perbaikan yang mesti dikeluarkan lebih tinggi ketimbang mobil dengan jenis mesin lainnya.

Performa Mesin Diesel Pada Mobil Lebih Terjaga dengan 4 Perawatan Ini!

Merawat Mobil Mesin Jenis Diesel

Supaya tidak mudah rusak otomatis Anda harus memberikan perawatan dengan benar dan tepat waktu sesuai kebutuhan mobil. Bentuk perawatannya beragam dan di bawah ini adalah beberapa diantaranya:

  • Panaskan mesinnya dulu baru digunakan,

Terburu-buru dalam mengejar waktu boleh saja namun jangan sampai mengabaikan kebutuhan mesin mobil untuk dipanaskan terlebih dulu. Terutama untuk mobil yang mempergunakan mesin jenis diesel dijamin mudah rusak jika tidak dipanaskan dulu. Paling tidak pemanasan mesin dilakukan selama lima menit, sehingga siap mengantarkan Anda ke tujuan manapun tanpa kendala.

  • Hindari kebiasaan kehabisan bahan bakar,

Memiliki mobil dengan teknologi mesin diesel ternyata juga membutuhkan perhatian Anda pada bagian tangki bahan bakar. Penggunaan bahan bakar solar tentu akan dilakukan karena mesin jenis ini tidak cocok memakai bensin dan turunannya. Sayangnya ketika tangkinya sampai kosong maka dijamin mesin kemasukan angin dan bisa menimbulkan kerusakan skala besar. Usahakan rutin memeriksa speedometer untuk mengetahui kondisi bahan bakarnya, dan tidak ada salahnya memilih mobil dengan fitur khusus agar tidak sampai terlupa mengisi bahan bakar.

Baca Juga:Kekurangan dan Kelebihan dari Mobil yang Bertenaga Mesin Diesel

  • Filter udara dan filter solar mesti rajin dibersihkan,

Komponen filter di dalam mesin tipe diesel ini ada dua yang semuanya memiliki peran vital dalam menjaga performa mesin tersebut. Mulai dari filter udara yang tentunya wajib dibersihkan secara berkala maksimal setiap 20 km jarak tempuh mobil Anda. Selanjutnya adalah filter solar yang ketika mencapai 10 km maka wajib dibersihkan pula. Kedua filter ini pun harus segera diganti ketika mulai aus, sebab kotoran yang menyumbat dijamin merusak kinerja mesin mobil Anda.

  • Kunjungi bengkel mobil yang tepat,

Service rutin tentu menjadi kewajiban yang tidak boleh terlewatkan supaya mesin jenis diesel pada mobil tahan lama. Service ini baiknya dilakukan di bengkel terpercaya dan sudah berpengalaman menangani mesin jenis tersebut. Sebab jika tidak pernah sekalipun atau jarang menservice mobil dengan mesin jenis ini dijamin gagap dan hasilnya kurang optimal. Bengkel resmi menjadi pilihan paling ideal namun jika dirasa biayanya terlalu mahal bisa beralih ke bengkel luar. Namun pastikan memang kompeten menangani mesin diesel.

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Performa Mesin Diesel Pada Mobil Lebih Terjaga dengan 4 Perawatan Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*