Perawatan untuk Mobil Murah yang Tidak Menguras Kantong

Perawatan untuk Mobil Murah yang Tidak Menguras Kantong

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat. Salah satu alasannya adalah karena kendaraan roda empat tersebut bisa menampung atau membawa banyak bobot dan melindungi dari panas dan hujan. Akan tetapi, kekurangannya adalah Anda harus mengeluarkan biaya perawatan yang cukup mahal walaupun Anda memiliki mobil murahCara paling mudah yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah dengan selalu menjaga agar kabin selalu bersih dan Anda tidak merokok di dalam kabin karena bisa menyebabkan kabin bau. Namun, diantara perawatan yang harus dikeluarkan, berikut ini adalah perawatan mobil yang memiliki biaya murah.

Perawatan untuk Mobil Murah yang Tidak Menguras Kantong 

Pertama adalah cuci mobil. Untuk mencuci mobil hingga benar-benar bersih memang Anda bisa membawanya ke tempat cuci mobil misalnya untuk cuci salju. Akan tetapi, untuk perawatan body dan cat mobil yang bisa Anda lakukan sendiri, Anda bisa menggunakan sabun cuci mobil khusus dan mencuci sendiri di rumah dengan tata cara perawatan yang tepat, seperti tidak mencuci mobil saat siang hari. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan pelindung agar mobil tetap terlihat mengkilap. 

Kedua adalah perawatan aki. Aki termasuk dalam salah satu komponen mobil murah yang cukup mahal. Jika rusak, maka Anda harus mengeluarkan ongkos hingga Rp 500 ribuan bahkan lebih. Cara mudah untuk menjaga agar aki tetap dalam kondisi yang bagus adalah dengan selalu memeriksa batas air aki secara rutin dan melakukan setrum. Jika air aki di bawah batas yang sudah ditentukan, maka Anda bisa mengisinya hingga batas normal dan jika berlebih bisa menguranginya.

Ketiga adalah lakukan pengecekan oli. Untuk mobil keluaran terbaru, disarankan untuk mengganti oli setelah kendaraan roda empat tersebut menempuh jarak 10.000 km. Saat ganti oli, sebaiknya menggunakan jenis oli yang disarankan agar sesuai dengan mesin mobil dan membuat performa mobil menjadi lebih maksimal. Selain itu juga disarankan untuk mengganti filter oli pada kendaraan roda empat Anda jika Anda sudah melakukan pergantian oli sebanyak 2-3 kali. Anda harus mengecek juga apakah ada kebocoran oli atau tidak sehingga bisa melakukan penanganan yang lebih dini dan biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak.

Keempat adalah bensin. Kini mobil baru sudah dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan penggunaan bensin menjadi lebih irit dibandingkan dengan jenis mobil lainnya yang sejenis. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat bahan bakar walaupun Anda menggunakan mobil murah dan merupakan keluaran lama, diantaranya adalah dengan tidak membawa beban yang terlalu berat atau melebihi batas beban yang disarankan. Selain itu, gunakan juga bahan bakar yang memiliki nilai oktan yang sesuai dengan mesin mobil Anda.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Perawatan untuk Mobil Murah yang Tidak Menguras Kantong"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*