Penyebab Rembesan Oli dari Knalpot Motor

Memiliki kendaraan roda dua bagi sebagian kalangan masyarakat merupakan satu kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah karena perawatannya yang lebih mudah bahkan bisa dilakukan sendiri jika memiliki skill yang mumpuni. Selain itu kini Anda juga bisa dengan mudah melakukan modifikasi dan memberikan aksesoris untuk mempercantik atau menambah kesan maskulin dari kendaraan yang dimiliki. Bagian yang paling sering diganti sebagai aksesoris adalah knalpot motor terutama bagi mereka para remaja pria yang menginginkan suara motornya lebih kencang agar terdengar sangar.

Meski begitu, pergantian knalpot kendaraan juga memiliki resikonya tersendiri. Seringkali justru setelah diganti oli motor ikut keluar atau menetes dari knalpot. Tetapi selain dari pemasangan knalpot baru yang kurang pas atau jenis knalpot yang tidak sesuai, masih ada sebab-sebab lain kenapa oli bisa menetes dari knalpot kendaraan roda dua Anda yaitu:

  • Terlalu banyak oli yang diisikan.

Jika oli menetes dari knalpot saat Anda baru saja mengganti oli, maka besar kemungkinan hal tersebut akibat takaran oli yang terlalu banyak. Kadang kemasan oli memiliki volume yang lebih banyak dibandingkan kapasitas tangki sehingga seharusnya oli disimpan untuk digunakan di pergantian selanjutnya. Tetapi seringkali teknisi bengkel menuangkannya hingga habis sehingga mengakibatkan oli bocor melalui knalpot. Hal ini tidak membahayakan dan bisa berhenti sendirinya setelah sisa oli keluar.

  • Seal klep aus.

Keluarnya oli dari knalpot motor juga bisa disebabkan karena ausnya seal klep pada motor atau tangki oli. Hal ini akan mengakibatkan oli baru langsung tembus ke bagian mesin sehingga menetes di knalpot. Untuk gejala yang lain biasanya akan ada asap yang lebih tebal dari knalpot. Jika terjadi hal demikian sebaiknya segera mengganti seal klep Anda karena oli akan cepat habis meski motor jarang digunakan.

  • Over heat.

Penggunaan motor untuk jarak tempuh yang panjang dan lama membuat temperatur mesin motor menjadi terlalu panas. Akibatnya terjadi pecahan atau retakan di tangki oli yang bisa menyebabkan oli rembes hingga ke knalpot. Untuk mengatasinya sebaiknya jika terlihat asap mengebul dari knalpot, istirahatkan motor Anda hingga dingin kembali sebelum melanjutkan perjalanan lagi.

Beberapa sebab di atas bisa menjadi penyebab rembesnya oli ke knalpot motor. Namun Jika memang sebelumnya motor tidak pernah mengalami rembesan oli dan hal tersebut terjadi setelah knalpot diganti, maka besar kemungkinan hal tersebut dipengaruhi akibat tidak cocoknya knalpot baru dengan seri motor Anda. sebaiknya melakukan pergantian dengan knalpot lain yang pas, atau menggantinya dengan knalpot bawaan yang lebih aman. Menetesnya oli secara terus menerus akan menyebabkan volume oli di dalam tangki cepat habis sehingga mesin cepat mengalami kekeringan yang bisa menyebabkan rusaknya mesin.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Penyebab Rembesan Oli dari Knalpot Motor"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*