Pengetahuan Dasar Tentang Dunia Otomotif Motor

Semakin lama memang ada semakin banyak pengguna kendaraan bermotor yang ada di dunia. Jika melihat faktanya kendaraan ini memang jauh lebih mudah dan juga nyaman digunakan untuk berkendara jika dibandingkan dengan sepeda biasa. Harganya juga masih dalam jangkauan, sehingga banyak yang menjadikannya sebagai pilihan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. baik itu bekerja atau juga berangkat dan pulang dari belajar. Dunia otomotif motor sangat luas.

Paling tidak pengguna harus tau sedikit saja mengenai hal ini, sehingga aktifitas berkendara Anda menjadi semakin aman dan nyaman. Ketika Anda berkendara di jalan raya yang sangat padat sudah pasti nantinya berbagai macam resiko bisa menimpa. Mulai dari sekedar senggolan dengan kendaraan yang lain, hingga kecelakaan parah bahkan merenggut nyawa. Penggunaan perlengkapan keamanan menjadi sangat penting untuk Anda. Paling tidak sebuah helm layak pakai, ditambah dengan jaket untuk berkendara.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai dunia otomotif motor ini maka Anda bisa lebih mengeksplornya. Sedikit hal yang harus Anda ketahui adalah tentang bagian atau komponen yang ada dalam kendaraan tersebut ditambah dengan fungsi-fungsinya. Berikut ini komponen dasar yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Katup atau klep masuk, bagian yang digunakan untuk mengatur buka tutupnya jalur hisap.
  2. Engine cover atau yang dikenal sebagai penutup bagian klep.
  3. Saluran hisap, digunakan untuk memasukkan campuran udara dengan bahan bakar.
  4. Blok bagian silinder.
  5. Bagian pendingin silinder, biasanya dapat diisi dengan cairan radiator.
  6. Wadah oli, digunakan sebagai tempat dalam menuangkan oli ke dalam mesin, sebagian pelumasan.
  7. Genangan oli, tempat penyimpanan oli dalam mesin, berbeda jenis kendaraan maka akan berbeda pula berapa jumlah yang bisa dituangkan ke bagian dalamnya.
  8. Camshaft, dibagi menjadi 2 jenis, diantaranya adalah SOHC dan juga DOHC.
  9. Katup atau sebuah klep yang dibuang ke bagian luar.
  10. Busi, bagian ini termasuk sangat penting karena yang berfungsi untuk memercikkan api atau komponen dasar untuk pembakaran mesin agar bisa menyala.
  11. Saluran buang, bagian yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan zat sisa, pada kendaraan bermotor umumnya zat sisa adalah dalam bentuk gas.

Penting sebenarnya mengenal bagian-bagian yang paling dasar ini, untuk menunjang perbaikan. Masalah-masalah sederhana, sebenarnya bisa diatasi tanpa harus membawanya ke bengkel, melainkan cukup dengan memanfaatkan pengetahuan dasar Anda saja. Belajar lebih tentang dunia otomotif motor ini, maka nantinya Anda tak hanya sekedar bisa lakukan perbaikan saja, melainkan juga dapat memodifikasi kendaraan kesayangan Anda menjadi jauh lebih bagus dari sebelumnya. Memiliki pengetahuan tentang mesin kendaraan juga bisa digunakan sebagai salah satu sumber penghasilan Anda.

 

Be Sociable, Share!

Be the first to comment on "Pengetahuan Dasar Tentang Dunia Otomotif Motor"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*